hero
(World of Buzz)

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

7 Januari 2019, 12:05 WIB

MALAYSIA

Siapa yang di tahun 2019 ini punya resolusi buat menurunkan berat badan? Mungkin kamu bisa mencoba cara yang dilakukan Bruce Tan, cowok 22 tahun asal Penang, Malaysia yang berhasil mengurangi bobot tubuhnya sampai 48 kilogram. 

Selain menurunkan berat badan, Bruce juga berhasil mengikuti tantangan Triathlon di Langkawi. Dia bahkan bercita-cita mengikuti kompetisi olahraga ekstrim ini sampai tingkat internasional loh. 

 

(World of Buzz)

Awalnya, Bruce sudah mengalami masalah obesitas sejak masih anak-anak. Tapi saat duduk di bangku SMA, dia mulai enggak PD dengan penampilannya. Tubuhnya yang gemuk membuat dia dijauhi teman-teman.

Enggak ada yang mau menemani Bruce di kantin. Bahkan saat latihan tenis, tidak ada temannya yang mau menjadi lawan main karena mereka menganggap Bruce enggak pantas buat mengikuti olahraga itu. 

(World of Buzz)

Kondisi ini diakui Bruce mengganggu pikirannya. Sampai kemudian pada September 2015, dia memutuskan buat melakukan program demi mengurangi berat badan. 

"Awalnya saya tidak bisa lari. Saya cuma bisa berjalan biasa di atas treadmill agar tubuh saya berkeringat," cerita Bruce. "Saya juga renang selama 1 jam per hari untuk membakar kalori tubuh."

(World of Buzz)

Selain olahraga, dia juga mengatur pola makan. Bruce selalu mengonsumsi oat di waktu sarapan dan menghindari karbohidrat di jam makan malam. Bruce juga mengurangi makanan berminyak dan mengurangi nasi dalam menu makannya. 

"Hampir setiap hari saya menimbang badan dan bertekad kalau berat badan saya harus berkurang setiap hari," jelas Bruce. "Kalau saya menambah intensitas dan frekuensi olahraga, berat badan saya akan cepat berkurang. Tapi kalau pola makan berantakan, bisa cepat naik juga."

(World of Buzz)

Setelah rutin menjalani program, Bruce berhasil mengurangi berat badan sebanyak 8 kilogram di satu bulan pertama. Beratnya turun dari 120 kilogram jadi 112 kilogram. 

Kerennya lagi, dia juga menemukan passion olahraganya dengan mengikuti 'IRONMAN Triathlon Langkawi'. Bruce harus berenang sejauh 8,3 kilometer, bersepeda sejauh 180 kilometer dan lari 42 kilometer dalam satu hari. 

(World of Buzz)

Dia pun berhasil melewati tantangan ini pada November 2018 lalu. Ketiga tantangan olahraga itu dilalui Bruce selama 12 jam 44 menit. Kerennya lagi, dia berada di posisi 10 besar untuk kategori usianya, tepatnya di peringkat 9. 

Setelah mengikuti kompetisi ini, Bruce berniat untuk lanjut ke 'IRONMAN World Championship'. Untuk mencapai cita-citanya ini, dia harus menduduki peringkat pertama dalam kategori usianya. Dan setelah berhasil mengurangi berat badan secara drastis, rasanya enggak ada yang enggak mungkin buat Bruce. 

WORLD OF BUZZ

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments