hero
(NET/Anggi Putra)

EDITOR : FEBRY ARIFMAWAN

20 Desember 2018, 16:40 WIB

JAWA BARAT, INDONESIA

Polisi terus melengkapi berkas perkara penganiayaan yang dilakukan oleh Habib Bahar bin Smith terhadap dua orang remaja di Bogor, Jawa Barat. Hal ini dikemukakan Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol. Agung Budi Maryoto usai upacara gelar pasukan lilin lodaya di depan halaman Gedung Sate Bandung. 

Dengan alat bukti yang sudah terpenuhi, kini jajaran penyidik Dirkrimum Polda Jabar terus melengkapi persyaratan administratif agar perkara yang  menjerat Habib Bahar bin Smith bisa segera dilimpahkan ke Kejaksaan Tinggi Jawa Barat. 

Habib Bahar bin Ali bin Smith (ketiga kanan) tiba untuk menjalani pemeriksaan perdana di Direktorat Kriminal Umum Polda Jawa Barat, Bandung, Jawa Barat, Selasa (18/12/2018). Habib Bahar diperiksa atas dugaan melakukan kekerasan terhadap orang atau penganiayaan di muka umum pada Sabtu (1/12) di Bogor. (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Kapolda jabar juga menegaskan bahwa di dalam sel Bahar tidak dibedakan dengan tahanan lain. “Kita perlakukan sama dengan yang lain karena itu menjadi kewajiban kita untuk memberi perlindungan juga, pelayanan, hak mendapatkan makan, hak beribadah, kita berikan semua,” ujar Agung.
 
Agung menambahkan bahwa kondisi Bahar bin Smith di dalam tahanan dalam keadaan sehat. Selain itu, Agung juga kembali menekankan bahwa kasus penganiayaan oleh Bahar bin Smith ini merupakan perkara kriminal murni. “Jadi saya tegaskan ini kasus kriminal murni, jadi kita proses hukum, kita hormati, kita kedepankan aspek hukum sampai dengan pengadilan,” tegas Agung. 

Habib Bahar bin Smith saat di Polda Jawa Barat. (NET/Anggi Putra)

Bahar bin Smith melakukan penganiayaan terhadap dua remaja berinisial CAJ (18) dan MKUAM (17). Keduanya dianiaya lantaran mengaku-ngaku sebagai Bahar saat di Bali. Keduanya kemudian dianiaya di Pondok Pesantren (ponpes) Tajul Alawiyyin di Pabuaran, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat yang dikelola oleh Bahar. 

Bahar kini ditahan di Mapolda Jabar. Polisi menjerat Habib Bahar dengan pasal berlapis yakni Pasal 170 ayat (2), Pasal 351 ayat (2), Pasal 333 ayat (2) dan Pasal 80 Undang-undang Nomor 35 tahun 2014 tentang Perlindungan Anak

ANGGI PUTRA

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments