hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

19 Desember 2018, 10:55 WIB

INDONESIA

Jelang pergantian tahun, kanal Youtube punya kebiasan merilis rewind. Rewind merangkum berbagai peristiwa, video, trend dan musik  yang viral sepanjang tahun.  Tahun ini, youtuber penyedia konten K-Pop dari Indonesia juga enggak ketinggalan menyuguhkan rewind versi mereka. Bekerja sama dengan NETZ.ID dan Coppamagz, proyek ‘K-Pop Youtube Rewind Indonesia 2018’ dieksekusi.

Dirilis 15 Desember 2018 jam 20.00 Wib, video berdurasi 11.39 menit ini sudah ditonton lebih dari 800 ribu kali dan menduduki trending no.14 per 18 Desember 2018. Sesuai konsep rewind, para K-Pop content creator ini merangkum berbagai peristiwa, video dan musik yang trend sepanjang 2018. Ada apa saja didalamnya? Ini dia beberapa diantaranya.

 

 

 

1. MV Blackpink Low Budget

Cuplikan parodi MV Ddu Ddu Ddu llow budget. (NET.Z)

Empat youtuber memerankan Blackpink dalam parodi MV Ddu Ddu Ddu low budget . Ada Agorivalll, Alphiandi, Geraldy Tan dan Rizky Gustam lengkap dengan kostum dan lokasi syuting seadanya. Parodi ini menceritakan banyaknya video musik ‘Ddu Ddu Ddu’ berbudget rendah yang dibuat di tahun 2018 ini.

2. Pembukaan Asian Games 2018

Parodi opening pembukaan Asian Games 2018. (NET.Z)

Upacara pembukaan Asian Games 2018 menjadi pembicaraan di banyak negara, bahkan trending di Korea Selatan. Selain terpesona dengan rangkaian upacara pembukaanya yang ciamik, rata-rata terpana dengan aksi opening yang melibatkan Presiden Joko Widodo.  

3. Penutupan Asian Games 2018

Enggak hanya pembukaannya yang bikin heboh, upacara penutupan Asian Games 2018 juga jadi pembicaraan publik. Terutama karena kehadiran Super Junior dan iKon. Seluruh penonton di Gelora Bung Karno ikutan bernyanyi dengan dua grup asal Korea Selatan ini. Unggahan aktivitas mereka saat di Jakarta juga ramai dibicarakan, terutama saat Siwon Suju selfie jogingnya dan June iKon selfie dengan selendang merahnya.

4. Pertemuan Korsel-Korut

Korut dan Korsel bertemu dan menyepakati perdamaian di semenanjung Korea. (NET.Z)

Peristiwa ini merupakan salah satu tonggak sejarah dalam sejarah politik Korsel dan Korut. Untuk pertama kalinya, kedua kepala negara bertemu dan membahas komitmen menjaga perdamaian di semenanjung Korea.

5. Red Velvet Manggung di Korut

Ilustrasi penonton Red Velvet di Korut. (NET.Z)

Red Velvet tampil di East Pyongyang Grand Theater, Korea Utara adlam acara konser gabungan artis Korea Utara dan Selatan, tanggal 31 Maret hingga 3 April 2018. Saat itu, Red Velvet tampil penuh semangat meski tanpa Joy dan menyanyikan lagu berjudul ‘Red Flavor’. Yang menjadi perhatian adalah, selama penampilan enerjik Red Velvet, wajah penonton Korut benar-benar datar tanpa ekspresi.

6. Kontroversi Young Lex dan Lisa Blackpink

Kontrovesi Young Lex dan Lisa Blackpink. (NET.Z)

Kasus ini menyita perhatian K-poppers maupun non K-poppers. Rapper muda Young Lex menuai kontroversi ketika ketahuan menggunakan nama Lisa sebagai bahan bercandaan tak senonoh di kanal youtube-nya. Kontroversi makin ramai ketika Young Lex memposting foto wajahnya babak belur karena dikeroyok penggemar Blackpink. Foto ini lalu terbukti palsu dan diakui juga oleh Young Lex.

7. Pidato BTS di PBB

BTS berpidato di sidang PBB. (UNICEF)

Ini juga pertama kali dalam sejarah, grup K-pop diundang menjadi pembicara dalam sidang PBB di New York. Mereka berbicara soal isu-isu yang dialami remaja, sesuai dengan kampanye BTS, yaitu : LOVE YOURSELF.

8. Tuduhan Manipulasi Chart terhadap Shaun

Reza Darmawangsa berperan sebagai Shaun. (NET.Z)

Shaun mengguncang dunia musik Korea dengan lagunya yang berjudul ‘Way Back Home’. Lagu ini berhasil menggeser grup idol populer yang sedang comeback, seperti TWICE, Blackpink dan Mamamoo satu bulan setelah rilis resmi. Ia pun dituduh menduduki puncak tangga lagu secara tidak wajar. Gara-gara tuduhan ini, Shaun sempat depresi.

9. Tik-tok yang Fenomenal

Bagas mengilustrasikan Tik-tok. (NET.Z)

Masih inget dong dengan imutnya Lee Jong Suk dan Nam Joo Hyuk yang menumpangkan wajahnya di tangan seseorang?  Video yang dibuat menggunakan aplikasi tik-tok ini dirilis menjelang hari Valentine di akun instagram mereka masing-masing. Sejak itu, aplikasi ini makin populer!

10. Darah Muda Goizza

‘Forever Young’ versi Indonesia ini juga ramai banget dibicarakan saat dirilis di kanal youtube Goizza. Menerjemahkan lagu ‘Blackpink’ sekaligus mengcover gerakan dance-nya, membuat video ‘Darah Muda’ ini sangat berkesan.

Nah, apakah kamu bisa menebak adegan-adegan di atas dengan benar? Oya, konsep rewind K-Pop Indonesia 2018 ini sudah digodok sejak bulan Agustus 2018 dan terus dimatangkan konsepnya hingga menjadi yang kamu tonton sekarang ini. Proses syutingnya dilakukan pertengahan November 2018 selama 4 hari di Jakarta.

NET.Z

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments