hero
(World of Buzz)

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

19 Desember 2018, 12:05 WIB

MALAYSIA

Menjadi seorang guru bukanlah pekerjaan yang mudah, apalagi jika harus mendidik anak-anak yang memiliki kebutuhan khusus. Mereka harus punya extra kesabaran untuk bisa mengajarkan ilmu dan membuat anak-anak lebih konsentrasi saat belajar.

Meski  sulit, tapi hal ini enggak menyurutkan niat dari Muhamad Khairul Anuar Hussin asal Malaysia. Dilansir dari laman World Of Buzz pada 18 Desember 2018, Khairul menjalani profesi sebagai guru dari anak-anak berkebutuhan khusus di SMK Taman University 2 yang terletak di daerah Johor Bahru, Malaysia.

(World of Buzz)

Khairul selalu mendidik murid-muridnya agar bisa mempersiapkan diri di dunia nyata. Ia mengembangkan model pendidikan inklusif demi bisa membantu siswa berkebutuhan khusus agar mampu bersosialisasi dengan teman sekelas mereka. Dengan model ini Khairul berharap anak-anak berkebutuhan khusus bisa masuk ke sekolah umum layaknya anak-anak normal lainnya.

Karena memberikan manfaat yang sangat baik, model pendidikan yang diusung Khairul ini pun telah diakui oleh Kementerian Pendidikan Malaysia. Bahkan pendidikan  ini sudah dimasukan ke dalam kurikulum pendidikan anak-anak berkebutuhan khusus.

(World of Buzz)

Enggak cuma mendapatkan respon postif dari Pemeritah Malaysia, sistem pendidikan yang diciptakan Khairul ini juga mendapatkan apresiasi di luar negeri. Ia pun terpilih menjadi salah nominator untuk acara penghargaan bergengsi guru-guru di seluruh dunia, Varkey Foundation Global Teacher Prize (GTP) tahun 2019.

Khairul menjadi orang satu-satunya di Malaysia yang terpilih dari 10 ribu kontestan dari 179 negara. Jika Khairul nantinya menjadi pemenang, ia disebut akan mendapatkan hadiah berupa uang senilai RM 4,8 juta atau setara Rp16 miliar.

(World of Buzz)

Sayangnya pengumuman pemenang baru akan diumukan di acara Global Education and Skills Forum yang akan digelar di Dubai pada 24 Maret 2018 mendatang. Meski belum resmi menjadi pemenang, Khairul tetap berniat akan membantu para guru untuk menggunakan model pendidikan inklusif ini di Forum Pendidikan Khusus.

WORLD OF BUZZ

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments