hero
(World of Buzz)

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

17 Desember 2018, 12:05 WIB

MALAYSIA

Autis atau autism spectrum disorder (ASD) adalah kondisi khusus yang dialami sebagian orang. Sayangnya, sebagian masyarakat masih memandang sebelah mata ke mereka yang autis. 

Padahal, orang dengan kondisi autis membutuhkan bantuan agar mereka dapat seperti orang pada umumnya. Nah, berkaitan sama hal ini, salah satu pusat perbelanjaan di Malaysia yaitu Sunway Putra Mall, berinovasi untuk menjadi mal ramah autis. 

Upaya ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian pada mereka yang autis. Sekaligus mengajak masyarakat umumnya untuk lebih perhatian lagi pada orang-orang autis. Seperti apa ya inovasinya?

(World of Buzz)

Menurut pihak manajemen mal ini, mereka akan melakukan perubahan pada beberapa aspek yang mungkin dianggap biasa oleh orang-orang normal tapi berdampak besar pada mereka yang autis. Misalnya, dengan mengurangi aksen garis-garis atau flickering, mengurangi intensitas cahaya dalam ruangan dan volume musik di dalam mal.

“Para tenant juga akan lebih ramah autis. Yaitu dengan menyediakan antrian khusus bagi mereka yang autis atau untuk keluarga yang salah satu anggotanya mengalami autis,” kata Phang Sau Lian, perwakilan dari Sunway Putra Mall.

“Layanan istimewa ramah autis akan diadakan tiap hari Selasa,” tambahnya. Pihak mal akan mengurangi intensitas cahaya dan musik mulai jam 10 pagi sampai 5 sore.

Pengunjung mal yang autis dapat mendaftar di bagian khusus. Nantinya mereka akan mendapat tanda pengenal yang memudahkan mereka selama di dalam mal. Termasuk kemudahan untuk memarkir mobil.

“Kami masih mengupayakan banyak hal untuk menjadi mal ramah autis. Langkah-langkah ini baru tahapan awal. Kami sangat terbuka apabila ada masukan dari masyarakat atau pihak lain terkait perubahan ini,” lanjut Phang.

(World of Buzz)

Sebagai bentuk keseriusannya, pihak Sunway Putra Mall juga bekerjasama dengan Autism Behavioral Center yang berpusat di Bangsar Baru.

“Kami sedang mencoba berbagai terapi agar orang dengan kondisi autis dapat beradaptasi dengan gaya hidup saat ini,” kata Charlene Marie Samuel, Direktur Autism Behavioral Center.

Pihak mal dan pusat studi autis ini yakin, setiap perubahan kecil tentu berdampak pada mereka yang mengalami autis. Tentunya juga bisa membantu mereka agar setara dengan masyarakat normal lainnya. Kira-kira, mal di Indonesia ada yang berinovasi jadi mal ramah autis juga enggak ya?

WORLD OF BUZZ

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments