hero
(BUSINESS INSIDER)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

14 Desember 2018, 15:00 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Pertemanan yang buruk dan enggak sehat akan berdampak pada kepribadian dan kondisi mentalmu. Oleh karena itu, penting untuk mengevaluasi hubunganmu dengan orang-orang di sekitarmu sehari-hari. Meski sering menghabiskan waktu bersama, enggak jarang seseorang hanya menjadi teman untuk memperoleh sesuatu darimu atau demi eksistensi diri semata.

Sayangnya, banyak juga orang yang terjebak dalam pertemanan palsu dan toxic  alias enggak berfaedah, hingga sulit untuk mengakhirinya. Berikut alasan kenapa kamu sulit mengakhiri pertemanan enggak sehat, seperti yang dilansir dari Brightside.

1Enggak bisa membedakan mana ejekan mana lelucon

Enggak bisa membedakan mana ejekan mana lelucon. (NANCY NICHOLS)

Komentar yang memalukan sering ada dalam bentuk lelucon. Dilemparkan dengan senyum dan ucapan yang ringan. Ketika penghinaan terkesan ramah, kamu jadi jauh lebih sulit untuk membedakannya.

2Kamu takut kesepian

Kamu takut kesepian. (MOTHER NATURE NETWORK)

Ketakutan ini sering menjadi alasan mengapa orang-orang siap mentolerir sikap buruk temannya. Ingatlah, kalau kamu orang yang terbuka dan ramah, kamu akan selalu bisa menemukan hubungan baru yang bisa jadi lebih baik.

3Hubunganmu sudah berjalan lama dan penuh kenangan

Hubunganmu sudah berjalan lama dan penuh kenangan. (THOUGHT CATALOG)

Hubungan pertemanan yang lama enggak menjamin kualitasnya akan selalu sehat. Tapi banyak orang sering menjadikan lamanya durasi pertemanan sebagai alasan untuk tetap bertahan dengan orang yang salah dan enggak baik. Mau enggak mau kamu hanya bisa sabar.

4Kamu enggak memahami perasaanmu sendiri

Kamu enggak memahami perasaanmu sendiri. (LOVE PANKY)

Kamu merasakan berbagai emosi terhadap orang ini. Seperti cinta, kemarahan, dan terganggu. Kamu harus memutuskan emosi mana yang berlaku dan memilih apakah kamu ingin melanjutkan hubungan ini atau enggak.

5Kamu pikir kamu layak diperlakukan demikian

Kamu pikir kamu layak diperlakukan demikian. (EMC3 COACHING)

Kamu selalu mencoba mencari alasan untuk sikap temanmu yang beracun dan berpikir, "Mungkin, itu benar dan aku saja yang terlalu sensitif?". Tetapi jika kamu harus sempurna untuk diperlakukan dengan baik, apakah itu benar-benar persahabatan?

6Punya banyak common friends

Punya banyak common friends. (YOUTUBE)

Banyak orang yang terjebak dalam pertemanan toxic karena persahabatanmu saling berkaitan. Lantas, kamu enggak bisa menjauhi satu orang tertentu tanpa enggak ikut menjauhi temanmu yang lainnya. Dilema tersebut membuat kamu akhirnya memilih untuk mentoleransi pertemanan enggak sehat agar enggak perlu ada yang berpihak.

 

BRIGHTSIDE| HARVARD

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments