hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

14 Desember 2018, 18:30 WIB

JEPANG

Di Jepang,  wajib banget mencoba ragam transportasi umum yang ada di sana. Mulai dari bus, kereta subway hingga Shinkansen! Masing-masing akan memberi pengalaman yang berbeda. Nah, kalau kamu sedang menjelajah Tokyo, cobain deh naik kereta tanpa awak di jalur Nippori Toneri. Jalur ini terdiri dari 13 stasiun, menghubungkan stasiun Nippori hingga stasiun Minumadai Shinsuikoen.

Suasana di dalam kereta tanpa awak. 

Dengan menggunakan operasi berbasis komputer atau automated guideway transit (AGT), kamu akan merasakan serunya naik kereta tanpa masinis, kondektur atau petugas yang wara-wiri. Rasanya seperti naik kereta pakai remote control! Nah, di kereta ini kamu harus rajin melihat layar informasi ya, agar tidak kebablasan.

Setiap rangkaian kereta tanpa awak ini terdiri dari 5 gerbong dan bisa mengangkut maksimal 300 penumpang. Kereta ini datang setiap 3 menit sekali, jadi kamu enggak perlu cemas ketinggalan kereta. Dengan menggunakan kereta ini,  perjalanan 60 menit terpangkas jadi 20 menit di rute yang sama. Harga tiketnya mulai dari 165 yen atau sekitar Rp21.000 tergantung jarak, bisa beli tiket single trip atau pakai uang elektronik.

Rel kereta tanpa awak yang melayang di Tokyo.

Melesat di rel layang, sepanjang perjalanan kita bisa menikmati kota Tokyo dari ketinggian. Pemandangan kece seperti sungai hingga Gunung Fuji jadi sajian kala berkereta. Di stasiun-stasiun yang dilewati, ada sejumlah obyek wisata ciamik yang agak antimainstream, ini dia diantaranya:

 

1. Shamisen Katoh

Tampak depan Shamisen Katoh. (GOOGLE MAPS)

Ini bukan toko alat musik biasa, loh! Karena disini kita bisa melihat dan membeli aneka alat musik tradisional shamisen. Instrumen mirip gitar ini sudah ada sejak 400 tahun lalu.

Gitar ini jadi daya tarik wisatawan mancanegara.

Para pembeli tak hanya dari dalam tapi juga luar negeri. Untuk pecinta musik dan sejarah, tempat ini bisa jadi pilihan. Kalau mau mampir ke sini, cukup jalan kaki 3 menit dari Stasiun Kumanomae.

2. Tsuchiya-kaban Seizoshuo

Randoseru! 

Kamu pernah dengar randoseru? Yes! itu adalah tas ransel kulit khas anak-anak sekolah Jepang. Penggemar serial Doraemon pasti hapal banget dengan tas milik Nobita dan kawan-kawan. Berbentuk kotak, terbuat dari kulit, aneka randoseru yang berkualitas bisa kita dapatkan di kawasan ini. Uniknya lagi, kita bisa lihat proses pembuatan tas klasik ini. Penasaran dan pengen beli tas yang tak lekang zaman ini, kamu bisa jalan kaki sekitar 1 menit dari Stasiun Nishiaraidaishi-nishi. 

3. Nishiaraidaishi Soujiji Temple

Nishiaraidaishi Soujiji Temple. (MATCHA JP)

Bagi para pecinta wisata reliji atau yang suka berburu kuil untuk foto-foto, yang satu ini bisa juga kamu lirik. Dari stasiun Nishiaraidaishi-nishi, kamu tinggal berjalan 15 untuk bisa menikmati keindahan kuil ini. Disebut sebagai salah satu kuil populer di Tokyo, di sini kita bisa melihat warga Jepang berdoa meminta keberuntungan.

4. Taman Toneri

Cantiknya taman Toneri di musim semi. 

Taman yang satu ini bakal indah banget saat musim semi. Menjadi salah satu taman terbesar di ibu kota Jepang, Taman Toneri jadi tempat nongkrong yang asyik, apalagi saat hanami. Di taman ini kita bisa menikmati bunga Reagan Cherry yang didonasikan istri mantan Presiden AS, Ronald Reagan. Bagi yang ingin mampir, taman ini berlokasi pas di samping Stasiun Toneri-koen.

NET.Z | AULIA KURNIA HAKIM

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments