hero

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

12 Desember 2018, 12:05 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Zaman sepertinya sudah bergeser, setuju enggak? Kalau dulu, anak-anak muda saling berlomba punya karir bagus di perusahaan. Tapi sekarang, kaum milenial lebih memilih menciptakan usaha dan mengembangkan ide-ide kreatifnya. 

Salah satunya ada di sosok anak muda yang satu ini. Namanya Bagus Ananto, yang baru berusia 26 tahun. Bagus memulai perjalanan karirnya di dunia bisnis pada 2011, saat ia masih kuliah. 

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Reppin @calvinklein on a sudden #soultheatre action. An overly serious face detected.

A post shared by R Bagus Ananto (@rbananto) on

Saat itu Bagus menjadi reseller sepatu brand luar negeri. Di tahun 2012, Bagus sempat mencoba peruntungan di bidang lain dengan membuat event-event baZar di Bandung selama lebih dari dua tahun. 

Baru pada 2014, Bagus memutuskan untuk mendirikan sebuah restoran untuk kalangan milenial yang dinamakan H Gourmet & Vibes. Resto berlokasi di Senopati, Jakarta Selatan. Setelah resto berjalan, Bagus lantas membentuk perusahaan dengan nama Sangha Group. 

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

#????

A post shared by R Bagus Ananto (@rbananto) on

Perusahaan ini bergerak di bidang kuliner yang  tidak hanya menjual makanan, tetapi juga ambience. Salah satunya dengan menghadirkan live music di dalam resto. Bagus tidak memiliki ilmu mengenai industri food and beverage. 

Di awal menjalankan bisnis ini, ia tentu harus struggling mengingat persaingan di bidang ini sangat ketat. Bagus bahkan sempat belajar kepada temannya yang sudah terlebih dahulu membuka usaha restoran. 

Seiring berjalannya waktu, bisnis yang dijalankan Bagus terus berkembang. Dari awal hanya satu resto H Gourmet & Vibes, ia lalu membuka dua resto lainnya, yaitu Hatchi dan Havana. Hatchi ditujukan bagi anak muda kalangan menengah. 

Sedangkan Havana memiliki target pasar anak-anak muda kalangan menengah ke atas. Bagus juga punya strategi sendiri agar usaha yang dijalankannya bisa hidup. Di setiap resto, ia mencoba menghadirkan tema berbeda setiap harinya. 

Nah, di sela kesibukan mengelola restoran, Bagus Ananto juga punya hobi yang terus ia geluti, yaitu bermusik. Tidak hanya tampil di berbagai acara, Bagus juga memproduksi musik karyanya sendiri yang bergenre EDM (Electronic Dance Music). 

Ia bahkan sempat berkolaborasi dengan Nikita Willy dalam single berjudul ‘Blowed’ yang dirilis pada 2017. Kalau ngomongin pencapaian sampai saat ini, Bagus masih punya segudang mimpi untuk diwujudkan. 

Perusahaan yang didirikan Bagus rencananya akan menaungi lebih banyak restoran lagi. Nah, kalau urusan bermusik, Bagus sendiri bermimpi bisa perform di berbagai event di luar negeri.

MLD SPOT

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments