hero
(COSMOPOLITAN)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

11 Desember 2018, 07:50 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Siapa sih yang enggak mau punya senyum menawan, dengan gigi yang tampak putih dan bersih? Berbagai cara mungkin sudah kamu coba, mulai dari rajin menyikat gigi, memeriksakan gigi ke dokter, jarang makan makanan manis, bahkan hingga melakukan perawatan khusus.

Namun, enggak jarang makanan yang kamu pikir sehat-sehat saja, ternyata punya potensi besar merusak gigi. Dilansir dari Brightside inilah makanan-makanan yang berpotensi merusak keindahan dan kesehatan gigi.

1Tomat

Zat asam yang terkandung pada tomat bisa membuat gigi menjadi sensitif. (BRIGHTSIDE)

Seperti buah-buahan sitrus, tomat juga mengandung asam yang cukup tinggi. Bukan hanya tomat segar, melaiankan juga tomat yang sudah dimasak. Bahkan tomat dalam bentuk saus juga bisa merusak gigi, dan membuatnya lebih sensitif karena keasamannya.

2Permen karet

Terlalu sering mengunyah permen karet bisa merusak tampalan dan mahkota gigi. (BRIGHTSIDE)

Permen karet bebas gula memang terkesan aman, tapi ternyata yang merusak gigi bukanlah kandungan gula pada permen karet. Mengunyah permen karet memberi efek destruktif untuk tampalan dan mahkota gigi. Selain itu, produksi air liur yang meningkat saat mengunyah permen karet membuat produksi alkali juga semakin banyak di dalam mulut. Alkali dapat mengikis lapisan tampal dan enamel pada gigi.

3Roti, makaroni, dan kentang

Makanan yang mengandung banyak pati atau zat tepung dapat memicu pembentukan plak dan gigi berlubang. (BRIGHTSIDE)

Makanan yang mengandung banyak pati atau zat tepung biasanya menempel, dan tinggal lama di sela-sela gigi. Sisa-sisa tersebut memicu pembentukan plak dan kandungan gula di dalamnya. Hal ini bisa membuat gigi berlubang, hingga menimbulkan masalah gigi lainnya.

4Teh

Teh mengandung fluorin yang berbahaya untuk kesehatan gigi jika dikonsumsi berlebih. (BRIGHTSIDE)

Bukan hanya mengandung kafein, teh pun mengandung fluorin yang berbahaya untuk kesehatan tulang dan gigi jika dikonsumsi terlalu banyak. Meskipun kandungan fluorin dalam teh jauh lebih sedikit daripada kopi, jangan minum lebih dari 4 gelas teh per harinya.

5Wine putih

Minum anggur putih bisa menyebabkan gigi rapuh dan hipersensitif. (BRIGHTSIDE)

Untuk para peminum wine sepertinya harus waspada terhadap jenis anggur putih atau white wine. Pasalnya, minum anggur putih ternyata bisa merusak enamel gigi yang bisa menyebabkan gigi menjadi rapuh dan hipersensitif.

 

 

 

BRIGHTSIDE| TIMES NOW| DAILY MAIL

 

 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments