hero
(ANTARA FOTO)

EDITOR : ALBERT WILLIANCOEN

10 Desember 2018, 17:54 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Cerdas dalam mengelola informasi menjadi pesan penting yang disampaikan Presiden Joko Widodo kepada insan-insan humas di Indonesia saat membuka Konvensi Nasional Humas Indonesia 4.0 di Istana Negara Jakarta. Banyaknya informasi hoax yang bertebaran di media sosial menjadi salah satu keprihatinan yang dirasakan presiden Jokowi selain kemajuan teknologi saat ini yang kurang diimbangi dengan kesiapan mental dari para penggunanya. Alhasil, kemajuan teknologi kerap dimanfaatkan untuk upaya adu domba dan fitnah.

Presiden Joko Widodo (kanan) didampingi Menkominfo Rudiantara (kiri) dan Ketua Umum BPP Perhumas Agung Laksamana (tengah) membuka Konvensi Nasional Humas 4.0 di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Senin (10/12/2018). Presiden meminta humas untuk membangun kepercayaan dan reputasi lembaga ataupun perusahaan. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Meski demikian, presiden Jokowi terus meminta seluruh lembaga untuk berbenah diri dan siap menerima masukan. "Banyak yang harus direformasi, kerja yang harus dipercepat, tidak bisa tidak, kalo Indonesia mau maju perlu kritik basis data, bukan pembodohan atau bohong," ucap Presiden RI Joko Widodo di Istana Negara Jakarta, Senin, 10 Desember 2018.

Presiden Jokowi menambahkan kritik berbasis data dan fakta akan memajukan Indonesia, bahwa berbicara harus baik dan bukan malah menutup fakta bahwa masih banyak yang kurang. Selalu kedepankan kritik yang mencerdaskan bukan malah memberikan narasi yang menakut-nakuti. "Menghadapi liarnya informasi saat ini harus ada literasi digital," sambung presiden Jokowi.

Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Menkominfo Rudiantara berfoto bersama peserta Konvensi Nasional Humas 4.0 di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Senin (10/12/2018). Presiden meminta humas untuk membangun kepercayaan dan reputasi lembaga ataupun perusahaan. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari_)

Literasi digital berguna untuk mengedukasi masyarakat agar dapat memilah dan memilih informasi yang beredar, serta dapat menyebarkannya secara bertanggung jawab. Selalu kembangkan konten yang optimis, narasi yang positif, konten yang mengembangkan kecerdasan bangsa, juga inspiratif sehingga reputasi kita masyarakat Indonedia semakin terhormat dan bermartabat.

YUSUF REZA

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments