hero
(ACTIONCOACH)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

7 Desember 2018, 07:50 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Kebahagiaan memang merupakan sesuatu yang sifatnya sangat relatif bagi manusia. Enggak semua orang memiliki definisi bahagia yang sama karena faktor kebahagiaan setiap kita pasti berbeda-beda.

Namun, para psikolog dan ahli saraf berpandangan lain. Menurut mereka ada beberapa hal yang sifatnya absolut, dapat membuat manusia merasa bahagia atau sedih.

Tanpa disadari, ada beberapa kebiasaan yang dilakukan, yang dapat menjadi penentu perasaan kamu di hari itu lho. Berikut beberapa kebiasaan yang perlu dihindari karena dapat merusak keceriaanmu sehari-hari.

1Selalu duduk

Selalu duduk. (BRIGHTSIDE)

Gaya hidup yang jarang bergerak pasti makin banyak kamu alami. Mulai dari berangkat dan pulang beraktivitas, duduk di mobil maupun transportasi umum. Lalu bekerja di kantor, menonton tv, atau nongkrong dengan teman-teman.

Padahal, tanpa bergerak, tingkat endorfin dan hormon lain yang bertanggung jawab untuk kebahagiaan akan berkurang. Berjalan 30 menit setiap hari atau 2 kali latihan seminggu akan membuatmu lebih energik dan puas, apa pun yang terjadi dalam hidupmu.

2Selalu di dalam ruangan

Selalu di dalam ruangan. (BRIGHTSIDE)

‘Bekerja dari rumah’ ternyata enggak akan membuatmu selalu bahagia. Ternyata, kamu butuh lebih banyak mengeksplorasi tempat-tempat outdoor kalau mau merasa lebih bahagia.

Saat menghabiskan waktu di luar ruangan, apalagi di tempat baru, misalnya negara atau kota yang belum pernah kamu kunjungi, kamu akan menjadi lebih bahagia dan percaya diri. Psikolog menyebut metode ini ‘terapi petualangan’.

3Enggak memerhatikan hal yang terjadi di sekitar

Enggak memerhatikan hal yang terjadi di sekitar. (BRIGHTSIDE)

Dalam melakukan aktivitas sehari-hari, penting untuk enggak hanya memerhatikan apa yang dilakukan. Tetapi juga bagaimana kamu melakukannya.

Coba bayangkan seandainya ada 2 orang perempuan. Salah satunya marah karena dia harus membersihkan rumahnya, karena dia lebih suka berkencan di restoran mewah, tapi enggak ada yang mengundangnya. Sementara Gadis lain hanya mencuci piring, tapi dia senang punya waktu untuk membersihkan rumah.

Dalam kasus pertama, gadis itu akan merasa lelah dan dalam kasus kedua, gadis itu akan merasa lebih santai. Jadi, kemampuanmu untuk menikmati hidup, enggak pernah membiarkan rasa takut, penyesalan, dan kekecewaan mengganggumu akan membuat hidup jauh lebih menarik.

4Hanya mengonsumsi

Hanya mengonsumsi. (BRIGHTSIDE)

Untuk membuat hidupmu bermakna, usahakan jangan hanya menerima, tetapi juga memberi. Tindakan kebaikan akan membuatmu merasa puas dan penting.

Sekecil apapun tindakan baikmu akan selalu bisa membuatmu bahagia. Membelikan seseorang hadiah, menulis catatan, atau bahkan mengecat tembok adalah hal-hal yang membuatmu percaya. Bahwa kamu memiliki tujuan dalam kehidupan ini dan bahwa seseorang membutuhkanmu.

5Mengisolasi diri dari pertemanan

Mengisolasi diri dari pertemanan. (BRIGHTSIDE)

Bahkan di usia dewasa yang individualis pun, setiap orang masih perlu menjadi bagian dari kelompok. Bukan hanya tentang teman-teman terdekat dan anggota keluarga, agar benar-benar bahagia, kamu  perlu merasa terhubung dengan orang lain.

Menurut penelitian, kualitas hubungan antarpersona membantu mengalahkan penyakit, mengurangi tingkat stres, dan membuatmu merasa lebih percaya diri. Enggak masalah grup apa yang kamu ikuti, bisa berupa klub sepak bola, klub permainan, apa pun. Kamu hanya perlu merasa seperti kamu bagian dari sesuatu.

6Enggak menciptakan apapun

Enggak menciptakan apapun. (BRIGHTSIDE)

Hobi kreatif dibutuhkan bukan hanya untuk uang dan ketenaran, tetapi untuk kesehatanmu juga. Telah terbukti bahwa proses penciptaan mengurangi tingkat stres, meningkatkan suasana hati, dan membantu melawan depresi.

Ingat, kreativitas bukan hanya tentang bernyanyi dan melukis lho. Kreativitas bisa jadi apa saja yang membutuhkan pendekatan unikmu sendiri. Tanam beberapa bunga, pilih warna dindingmu, lakukan pekerjaan rumah tangga, dan aktifkan imajinasi. Sederhana tapi bermakna bukan?

 

BRIGHTSIDE|NCBI

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments