hero
(World of Buzz)

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

7 Desember 2018, 06:05 WIB

MALAYSIA

Setiap orang pasti ingin menjadi seorang bos. Selain enggak perlu kerja terlalu banyak, gaji yang di dapat juga memiliki nominal yang besar. Sayangnya, untuk menjadi seorang bos enggak semudah membalikkan telapak tangan. Apalagi jika kamu bekerja dalam sebuah perusahaan.

Makanya enggak heran banyak anak muda sekarang lebih memilih untuk membuka usaha dibanding bekerja di perusahan. Salah satunya adalah seorang cowok asal Malaysia bernama Mohd Fajiha Alaihis.

(World of Buzz)

Dilansir dari laman World of Buzz pada 6 Desember 2018, Fajiha awalnya bekerja sebagai seorang engineering di sebuah perusahaan. Namun karena gaji yang didapat tidak cukup untuk membiayai hidup keluarganya, Fajiha pun kemudian memilih banting setir dan berjualan Ikan Cupang.

"Punya gaji sebesar RM1, 500 atau Rp5,2 juta tidak cukup, terutama jika kamu sudah menikah. Gajinya tidak cukup untuk menafkahi istri dan anak-anak saya," ujar Fajiha.

(World of Buzz)

Bukan tanpa alasan Fajiha memilih berjualan ikan Cupang, sebab cowok yang kini berusia 27 tahun itu memang sudah suka ikan jenis ini sejak masih kecil. Ide berjualan ikan ini pertama kali tercetus Fajiha saat melihat saudaranya membeli ikan Cupang dengan kualitas yang sangat bagus.

Ia pun kemudian mempunyai ide untuk mengembangbiakan ikan tersebut. Benar saja, setelah ikan periharaanya berhasil berkembang biak, ia pun menjualnya dengan harga RM600 atau setara Rp2 juta untuk sepasang.

"Suatu hari, saudara saya membeli induk Cupang dengan kualitas baik dan saya mencoba untuk membiakkannya. Kemudian, saya berhasil menjual bayi pertamanya di Singapura seharga RM600 sepasang. Setelah itu, saya sadar bahwa membiakkan dan menjual ikan ini dapat menghasilkan pemasukan yang menguntungkan," tambahnya kemudian.

(World of Buzz)

Setelah sukses mengembangbiakan ikan ini, Fajiha pun mulai membagikan ilmunya kepada orang-orang yang tertarik melakoni bisnis yang sama. Ia kini bahkan sudah menjadi ketua dari komunitas Malaysian Fighting Fish Club yang memiliki followers mencapai 46 ribu akun.

Saat ini, Fajiha sudah memiliki satu buah toko dengan 8 ribu ikan Cupang dari berbagai spesies. Enggak cuma dijual secara langsung, ikan ini juga bisa dibeli melalui online.

Hebatnya lagi, ikan-ikan dagangan Fajiha ini juga sampai di ekspor ke beberapa negara tetangga seperti Singapura, Thailand dan masih banyak lagi. Untuk harga jualnya, Fajiha menetapkan harga mulai dari Rp10 ribu hingga Rp3 juta. Bagaimana, kamu tertarik juga ingin berjualan ikan Cupang?

WORLD OF BUZZ

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments