hero
(Ardhiansyah Nugraha)

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

6 Desember 2018, 12:05 WIB

PALEMBANG, INDONESIA

Musim hujan sudah tiba. Buat kamu yang tinggal di daerah padat penduduk, mesti berhati-hati dengan banjir nih. Karena kalau sampai kamu lengah, banjir bisa menyebabkan sejumlah perabotan rumah dan elektronik rusak parah. 

Tapi tenang aja, sekarang kamu enggak perlu capek-capek nungguin saat hujan buat antisipasi banjir. Soalnya, ada sebuah alat yang bisa mendeteksi datangnya banjir.

(NET/Ardhiansyah Nugraha)

Alat ini merupakan hasil kreativitas seorang mahasiswa bernama Dwi Ayu Wulandari. Cewek yang sedang mengenyam bangku kuliah di program Studi Fisika, Fakutas Tarbiyah UIN Palembang ini menciptakan alarm tersebut karena tempat kost-nya pernah kebanjiran.

"Awalnya tertarik saja bagaimana itu bisa menanggulangi banjir. Misalkan kita tidak tahu itu banjir saat kita lagi tidur kita tidak tahu bagaimana itu terjadi. Dan karena ada pengalaman sendiri juga," ujar Dwi saat ditemui oleh tim liputan NET pada 3 Desember 2018 yang lalu.

(NET/Ardhiansyah Nugraha)

Dwi menjelaskan untuk membuat alat ini, ia memerlukan waktu selama dua minggu dan sering gagal dalam percobaan. Dengan mengaplikasikan ilmu fisika yang ia miliki, Dwi kemudian merangkai sejumlah komponen sederhana.

Saat dipraktikan di ruang laboratorium fisika, alat ini dicoba dengan cara menuangkan air. Saat air meninggi, maka alat tersebut akan mengeluarkan suara yang bising dan bisa membangunkan orang yang tertidur.

"Untuk waktu pembuatnya dua minggu lebih. Ada busa, batre sama kabel tembaga ada lampunya juga, Iya satunya menghabiskan uang Rp30 ribu," tambahnya kemudian.

(NET/Ardhiansyah Nugraha)

Dwi berharap hasil inovasinya ini bisa diperhatikan oleh pihak terkait agar bisa dikembangkan lebih canggih dan terjangkau untuk masyarakat. Kreasi Dwi inipun mendapatkan apresiasi dari Kepala Prodi Fisika dan para dosen dari Fakultas Tarbiyah, UIN Palembang.

"Iya kemungkinan, untuk yang akan datang ini bisa kita pasarkan dan kita pertimbangkan. Dari prodi mensuport dan mengapresiasi karya-karya mereka dan kita fasilitasi dan kita kembangkan untuk memiliki nilai jual." tutup Amilda selaku Kepala Prodi Fisika UIN Palembang.

ARDHIANSYAH NUGRAHA

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments