hero
(NET/Aulia Kurnia)

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

5 Desember 2018, 12:05 WIB

JEPANG

Di Jepang transportasi umum terutama kereta, menjadi andalan untuk mobilitas jutaan masyarakat. Tak heran, stasiun-stasiun umumnya dilengkapi berbagai fasilitas mumpuni. Seperti di Fukuoka, salah satu perfektur yang berada di Selatan Jepang ini. Di kota Fukuoka, ada sebuah kawasan seluas 200.000 hektar yang menggabungkan moda transportasi dengan berbagai fasilitas lengkap, namanya JR Hakata City.

Gedung dengan 10 lantai ini, memiliki berbagai titik terminal bus, stasiun kereta hingga Shinkansen. Mereka pun mengklaim diri sebagai “The biggest terminal complex in Japan” alias kompleks terminal di Jepang. Dibuka dari jam 5 pagi hingga 12 malam, setiap harinya jutaan warga bisa diangkut dari dan menuju kawasan ini.

(NET/Aulia Kurnia)

Selain itu, kawasan ini juga tak terlalu jauh dengan bandara internasional Fukuoka. Jadi, kemana-mana enggak begitu susah. Di negeri ini, moda transportasi tak hanya dimiliki pemerintah, tapi juga operator swasta. Mereka berlomba memberikan pelayanan terbaik agar penggunanya merasa nyaman, aman dan reliable alias on time.

Ini yang menjadikan alasanya masyarakat Jepang memilih transportasi umum sebagai bagian dari aktivitas sehari-hari. Nah, masyarakat enggak cuma bisa bertransportasi aja, mereka juga bisa memanjakan diri dengan 400 toko dari sejumlah industri. Dari makanan berat dan ringan, oleh-oleh khas Fukuoka, pakaian hingga ragam hiburan.

Dari nonton di bioskop hingga nongkrong seru di taman rooftop gedung juga ada. Tempat ini juga memiliki aula seluas 660 meter persegi yang dimiliki Hakata City juga bisa digunakan untuk pameran, pertunjukan seni budaya hingga event besar seperti pemilihan Hakata Idol.

(NET/Aulia Kurnia)

Biasanya setiap momen khusus seperti libur musim panas dan jelang akhir tahun diselanggarakan bazar sampai gelaran musik. Area yang mulai dikembangkan pada awal tahun 2000 ini terus mengalami peningkatan jumlah pengunjung tiap tahunnya. Enggak heran jika tahun 2017 Hakata City menghasilkan keuntungan 100 miliar yen atau sekitar 13 triliun rupiah.

Lebih jauh lagi, mereka menyadari Fukuoka adalah gerbang Negeri Matahari terbit ke Korea, Cina dan Taiwan. Hal ini membuat para pengelola sadar mereka punya banyak peluang. Pihak Hakata City juga menambahkan, usaha bisnis para tenant terus menghasilkan profit meski digempur dengan semakin menjamurnya toko online.

Pelayanan prima di bidang transportasi dan juga pemenuhan kebutuhan yang beriringan dan saling melengkapi, jadi salah satu kunci. Upaya yang dilakukan ini sebenarnya merupakan hasil dari pengembangan kawasan transit terpadu atau TOD (Transit Oriented Development).

(NET/Aulia Kurnia)

Berkaca pada hal tersebut, MRT Jakarta yang menggelar studi banding ke Jepang berupaya mengadopsi sejumlah hal positif dari kawasan Hakata City. Tubagus Hikmatullah selaku corporate secretary ungkapkan, interkoneksi dan pengembangannya menjadi inspirasi MRT Jakarta. 

“Dari satu kawasan saja, masyarakat yang mau menggunakan berbagai moda transportasi umum bisa terlayani," ungkap Tubagus. 

MRT Jakarta sendiri tengah menggandeng sejumlah pihak untuk mewujudkan hal tersebut lewat TOD Dukuh Atas. Ke depannya kawasan Dukuh Atas ini akan jadi tumpuan integrasi angkutan umum di ibu kota karena menghubungkan masyarakat dengan berbagai moda, diantaranya Kereta Jabodetabek, MRT, LRT hingga bus kota. Di samping itu, cara mengumpulkan massa untuk meningkatkan jumlah penumpang atau ridership juga bisa dipelajari. 

(NET/Aulia Kurnia)

”Cara meningkatkan ridership dengan membuat berbagai event bisa kita adopt, misalnya MRT Idol, perfomance musik dan lain-lain. Jadi awalnya orang bisa rela jauh-jauh dari mana naik MRT untuk nonton hal tersebut dan di dalam MRT kita bisa pelan-pelan kasih pesen kita,” imbuhnya.

Sarana transportasi massal atau MRT akan hadir di Jakarta sekitar Maret 2019. Di tahap 1 ini, dengan 13 stasiun, MRT akan menghubungkan Bundaran HI Jakarta Pusat hingga Lebak Bulus Jakarta Selatan.

AULIA KURNIA

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments