hero

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

5 Desember 2018, 06:05 WIB

KABUPATEN BANDUNG BARAT, INDONESIA

Punya keterbatasan fisik sering kali membuat orang merasa putus asa dalam mengejar cita-cita dan mengukir prestasi. Namun hal ini sama sekali tidak dirasakan oleh seorang pemuda penyandang difabel bernama Rahmat Hidayat.

Meski terlahir dengan tubuh yang tidak sempurna, pria yang merupakan warga Ciawitali Sindangkerta, Bandung Barat, ini terus mengasah kemampuannya untuk menjadi desainer. Rahmat sendiri mengaku punya cita-cita sebagai desainer sejak dirinya berusia 7 tahun.

Berawal dari hobinya menonton serial drama Korea dan ingin merubah nasib, pria yang saat ini berusia 25 tahun itu selalu mencoba untuk membuat sebuah gambar desain gaun yang menarik. Berkat kegigihannya, Rahmat yang tidak mengenyam pendidikan normal ini akhirnya mampu menciptakan ratusan desain gaun cantik secara otodidak.

"Kalau pertamanya sih saya merasa minder. Saya merasa takut dihina orang, takut dicaci maki atau bagaimana begitu. Cuma saya berfikir lagi kalau misalnya saya terus-terusan takut kapan saya majunya. Makanya saya mencoba buat desain siapa tahu bisa memotivasi para difabel juga," ujar Rahmat saat ditemui oleh Tim Liputan NET pada 28 November 2018 lalu.

Selain desainnya yang unik, busana rancangan Rahmat juga banyak disukai karena memiliki detail yang rapi. Enggak heran, sejumlah karyanya ini telah dibeli oleh sejumlah artis papan atas Indonesia seperti Soimah dan Inul Daratista.

Saking menginsipirasinya Rahmat, desainer kondang Indonesia, Anne Avantie sampai datang ke rumahnya beberapa waktu yang lalu. Meski harus menempuh medan jalan yang cukup sulit, Anne tetap semangat dan menunjukan kekagumannya terhadap perjuangan dan karya Rahmat.

Kini dari hasil mendesain busana, Rahmat berharap bisa membantu kehidupan keluarganya. Ia juga berharap bisa bertemu dengan artis sekaligus desainer kondang seperti Ivan Gunawan atau Barli Asmara.

Enggak cuma dari kalangan desainer, Rahmat pun mengaku ingin membuatkan desain pakaian buat Presiden Joko Widodo loh!

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Love u pak @jokowi semoga sehat selalu pak

A post shared by Rahmat Hidayat (@rahmathidayat4259) on

"Saya ingin ketemu sama kak Ivan Gunawan, kak Barli Asmara dan kak Eko Chandra. Saya juga ingin bertemu dengan Presiden Jokowi dan ingin buat desain buat beliau." tutup Rahmat.

JIMMY MARTINO

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments