hero
(mStar)

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

4 Desember 2018, 12:05 WIB

JEPANG

Kalau di Indonesia, khususnya di kota-kota besar, banyak masyarakat berusaha keras biar bisa beli rumah murah, di Jepang justru sebaliknya. Masyarakat di negara ini enggak tertarik buat memiliki properti di pinggiran kota, walaupun sudah dikasih gratis. Kira-kira kenapa ya?

Ternyata, ada fakta menariknya nih. Menurut situs mStar, di Negeri Matahari Terbit ini diperkirakan ada 10 juta properti yang terabaikan alias enggak laku. Nah, biar properti tersebut tetap berguna, akhirnya diterapkan skema ‘Akiya’.

(mStar)

Tujuannya biar para keluarga muda bisa memiliki rumah dengan harga murah, bahkan ada yang gratis. Ada juga yang menawarkan subsidi yang nantinya bisa dipakai untuk merenovasi rumah. Tapi masyarakat justru berpikir sebaliknya. 

Kebanyakan anak muda memilih buat tinggal di kota, bukan pinggiran kota. Selain itu, rumah-rumah yang enggak laku ini sering dikaitkan sebagai tempat bunuh diri, pembunuhan, atau ‘Kodokushi’.

(mStar)

Kodokushi adalah fenomena di Jepang, dimana seseorang meninggal sendirian di dalam rumah, tanpa diketahui siapapun dan baru terungkap setelah sekian lama dia meninggal. Intinya, rumah-rumah ini dianggap membawa nasib sial. Ngeri juga ya?

Padahal, syarat untuk mengikuti sistem Akiya ini tidak terlalu ribet. Yaitu, semua anggota keluarga harus berusia di bawah 43 tahun dan memiliki anak yang akan segera memasuki sekolah dasar.

(mStar)

Meski terkesan murah, mereka harus siap-siap merenovasi rumah tersebut. Karena sudah sekian lama enggak terurus, jadi kondisi di beberapa rumah sudah kurang layak. Meskipun ada yang menganggap pembangunan properti ini sebagai kegagalan sosial, setidaknya membuka peluang bagi pasangan muda yang ingin memiliki rumah murah meriah. Kalau kamu tinggal di Jepang, apa tertarik membeli properti ini?

WORLD OF BUZ

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments