hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

3 Desember 2018, 18:30 WIB

KAB. CILACAP, INDONESIA

Mendengar kata Nusakambangan, yang terlintas di benak kebanyakan orang termasuk saya, adalah penjara dan penjahat. Pulau Nusakambangan di Cilacap menjadi rumah bagi 7 penjara dengan pengaman super ketat. Meski saat ini yang dihuni hanya 4 penjara, di sini hanya penjahat kelas kakap yang ditampung. Wajar dong kalau mayoritas warga menganggap Nusakambangan menakutkan?

Tapi, saya diajak untuk mengeksplor sisi lain pulau ini. Awalnya, saya pesimistis dengan potensi wisata Nusakambangan, tapi karena penasaran, saya ikutan wisata ini. Saya mencapai Pulau Nusakambangan dengan berperahu selama 15 menit dari Dermaga Teluk Penyu Cilacap.

Untuk menuju Pulau Nusakambangan harus naik perahu selama 15 menit. (NET/Bayu)

Dan ketika sampai ke salah satu pantai yang masih perawan, Karang Tengah, saya terpesona dengan keindahan alamnya. Enggak hanya saya yang terpesona dengan wisata ini, peserta wisata lain juga berpendapat serupa.

“Bagus, pengalaman baru buat saya. Bangunannya keren, mungkin seharusnya lebih ditonjolkan lagi soal wisata sejarah di sini, jadi orang tertarik untuk datang. Sebelumnya, Nusakambangan kan identik dengan napi, kita enggak ngerti kalau ada tempat bagus kaya gini”, ujar Susiani, seorang wisatawan yang ikut menjelalahi wisata sejarah pulau ini.

Benteng Klingker. (NET/Bayu)
Bagian dalam Benteng Klingker. (NET/Bayu)

Pantai Karang Tengah berada di sisi timur Pulau Nusakambangan. Saya dan peserta wisata lain bisa menikmati pantai yang bersih dan alami, dengan pasir putih yang lembut. Di sisi ini juga ada Benteng Klingker yang merupakan peninggalan zaman penjajahan.  Disebut Klingker karena bentuknya bulat dan melingkar. Hingga kini belum diketahui apakah benteng ini peninggalan zaman Portugis atau Belanda.

Tampak luar Benteng Klingker. (NET/Bayu)

Nah, kalau kamu penasaran dengan kisah sejarah dan keindahan Pulau Nusakambangan, jangan lewatkan untuk mengeksplor pantai alami dan reruntuhan benteng di sini, ya!

BAYU NUR SASONGKO

 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments