hero
(NET/Ardiansyah)

EDITOR : FEBRY ARIFMAWAN

3 Desember 2018, 18:45 WIB

SUMATERA SELATAN, INDONESIA

Kasus dugaan ujaran kebencian yang dilakukan Habib Bahar bin Smith dalam sebuah video di media sosial, berujung pelaporan dari masyarakat. Tak hanya di Jakarta, Direktorat Kriminal Umum Polda Sumatera Selatan (Sumsel) ikut dalam pengumpulan barang bukti terkait kasus yang kini sedang ditangani oleh Mabes Polri ini.

Pengumpulan barang bukti dilakukan juga di kota ini karena lokasi video dugaan ujaran kebencian pada Januari 2017 lalu berada di Kota Palembang. Kapolda Sumsel Irjen Pol. Zulkarnain Adinegara membenarkan bahwa saat ini Polda Sumsel membantu pengumpulan barang bukti yang ada di wilayahnya. 

Kapolda Sumatera Selatan Irjen Pol. Zulkarnain Adinegara. (NET/Ardiansyah)

“Yang menangani Mabes Polri ya, kami hanya melakukan pembantuan dari Direktorat Kriminal Umum. Melakukan pembantuan dalam proses pengumpulan barang bukti, proses penanganan semua di Mabes Polri secara terpusat,” kata Kapolda Sumsel Irjen Pol. Zulkarnain Adinegara. “Mungkin TKP-nya tidak hanya satu tempat ya saya kira itu,” lanjutnya.

Sebelumnya Habib Bahar bin Smith dilaporkan oleh Jokowi Mania lantaran menyebut Presiden Joko Widodo sebagai pengkhianat negara dan banci. Laporan itu diterima Bareskrim pada tanggal 28 November 2018. Sementara itu, Habib Bahar juga dilaporkan dengan tuduhan serupa di Polda Metro Jaya oleh Ketua Cyber Indonesia, Muannas Alaidid pada tanggal 28 November 2018. Habib Bahar juga telah dicekal oleh Ditjen Imigrasi.

Habib Bahar bin Smith (paling kanan) di Jakarta, 2 Desember 2018. (TWITTER @fadlizon)

Habib Bahar sendiri tidak memenuhi panggilan pemeriksaan penyidik Bareskrim Polri yang telah diagendakan hari ini, Senin 3 Desember 2018. Polisi akan mengirimkan panggilan pemeriksaan kedua apabila Habib Bahar tidak memenuhi jadwal pemeriksaan hari ini.

ARDHIANSYAH NUGRAHA

3

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments