hero
(FMT)

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

3 Desember 2018, 12:05 WIB

MALAYSIA

Tubuh pendek alias kerdil seringkali membuat seseorang dipandang sebelah mata. Salah satu buktinya, Ikhsan Sirait. Seorang bapak 57 tahun asal Malaysia, yang tubuhnya kecil tapi usahanya besar.

Saking besarnya usaha Ikhsan, dia memiliki lima food trucks yang penghasilannya mencapai RM20 ribu atau sekitar Rp68 juta per bulan. Dikutip dari Harian Metro dan NST pada 30 November 2018, pria ini memulai usahanya sebagai penjual makanan kaki lima sejak 30 tahun lalu.

(Harian Metro)

Saat itu, dia berjualan burger seharga RM1 atau sekitar Rp3 ribu di sebuah pasar malam. Setelah beberapa lama, dia beralih menjual kebab karena lebih efisien dan memberinya pendapatan lebih banyak.

“Bukan karena kendala fisik, tapi jualan burger membutuhkan lebih banyak orang. Saat pertama kali berbisnis, saya harus bersaing dengan lima pedagang lain yang berjualan burger. Dan mereka semua bertubuh normal,” cerita Ikhsan. 

Bagi Ikhsan, tubuhnya yang kecil justru membuat orang-orang mudah mengenalinya. Sehari-hari, pria yang biasa dipanggil Wak ini dibantu oleh dua istri dan kelima orang anaknya. Pendapatan mereka enggak tanggung-tanggung, mencapai RM8 ribu atau sekitar Rp27 juta per hari.

“Saya tidak merasa itu sebagai kendala. Saya yakin makanan saya enak dan pelayanan saya baik. Itulah yang membuat orang-orang bersedia ke kedai saya,” imbuhnya.

(NST)

Untuk food truck-nya, Ikhsan selalu menggunakan daging segar. Ia juga menggunakan 25 rempah khusus yang membuat produknya ‘Wak Ikhsan Kebab’ memiliki rasa yang khas. Kedai kebab miliknya tersebar di area sekitar universitas dan beberapa tempat umum.

“Bagi saya, keterbatasan fisik bukan penghalang. Hal yang penting adalah ketertarikan di bisnis dan keberanian berjuang untuk sukses. Orang-orang bertubuh kerdil seperti saya perlu lebih berani mengambil kesempatan yang ada di depan kami,” kata Ikhsan.

WORLD OF BUZZ

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments