hero
(RIRA TV)

EDITOR : ALBERT WILLIANCOEN

29 November 2018, 20:19 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Pihak Istana Negara angkat bicara terkait viralnya ceramah yang bermuatan penghinaan kepada presiden. Melalui Kepala Staff Presiden Moeldoko menyesalkan isi ceramah yang disampaikan Habib Bahar Bin Smith kepada jamaahnya yang mana menyindir kepala negara dengan istilah banci. 

Kepala Staff Presiden Moeldoko saat diwawancarai awak media terkait dugaan penghinaan terhadap kepala negara oleh Habib Smith di halaman Istana Negara Jakarta, Kamis (29/11). (NET/Yusuf Reza)

Moeldoko berharap bahwasannya seorang ulama seyogyanya memberikan dakwah yang sejuk dan tanpa ada provokasi sehingga tidak ada salah paham dan perpecahan dalam kerukunan umat. "Saya pikir itu tidak patut dsampaikan ke publik karena anak-anak kita akan lihat kalau perilaku dari seorang pemimpin agama begitu bukan sebuah cerminan yang bagus," ujar Moeldoko di Istana Negara Jakarta, Kamis, 29 November 2018.

Moeldoko menambahkan bahwa secara pribadi ia jadi tidak hormat dengan seorang ulama memiliki perilaku begitu yang mana seharusnya pemimpin agama harus memberi contoh teladan dalam ucapan dan sikap perbuatan. "Kalo sikap istana, aparat penegak hukum mesti merespon apalagi kalo nanti ada aduan. Jangan didiamkan, karena ini sebuah preseden buruk. Pelajaran bagi anak-anak kota kedepan, lambang simbol negara harus dihormati dan tidak boleh sembarang", tambahnya lagi.

Kepala Kantor Staf Kepresidenan Moeldoko berbicara saat menghadiri Kongres X Himpunan Mahasiswa Buddhis Indonesia (Hikmahbudhi) di Maha Vihara Maitreya, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, Sabtu (17/11/2018). Dalam acara yang dihadiri mahasiswa Buddha se-Indonesia tersebut Moeldoko menyampaikan presentasi tentang keberhasilan pemerintahan Joko Widodo dan materi bertajuk keadilan sosial untuk keutuhan bangsa. (ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang)

Namun Moeldoko menampik bahwa pelaporan Habib Bahar Bin Smith ini sebagai bentuk dari kriminalisasi ulama, sebab siapapun yang menghina simbol negara harus ditindak tegas sesuai hukum sebab Indonesia ini negara hukum, jadi jangan seenaknya berbicara. Terkait hal ini, relawan Jokowi Mania dan Cyber Indonesia melaporkan sang habib muda ini ke pihak kepolisian terkait potongan ceramahnya yang viral di media sosial. 

YUSUF REZA

2

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments