hero
(ANTARA)

EDITOR : FEBRY ARIFMAWAN

27 November 2018, 19:20 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Politikus PDI Perjuangan (PDIP) Masinton Pasaribu meminta Ketua Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak untuk fokus ke masalah hukum penyelewengan dana kemah. Menurut Masinton, Dahnil semestinya tak membawa urusan hukum ke politik praktis. “Ya sudah konsisten aja hormati hukum, jangan mengaitkan ke politik, hukum punya mekanisme. Tentu polisi punya bukti permulaan. Jangan dibawa ke ranah politik,” kata Masinton. 

Masinton juga melontarkan kritik pada sikap Dahnil. “Konsisten saja. Buktikan dalil penegak hukum kalau tidak terbukti kan ada mekanisme. Saya prihatin anak muda seperti itu, hadapi saja,” lanjut anggota Fraksi PDI Perjuangan di DPR RI ini.

Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak menjawab pertanyaan wartawan seusai menjalani pemeriksaan di Gedung Krimsus, Polda Mertojaya, Jakarta, Jumat (23/11/2018).  Dahnil diperiksa  selama delapan Jam sebagai saksi terkait dugaan korupsi anggaran Kementerian Pemuda dan Olahraga yang digunakan untuk kegiatan Kemah Pemuda Islam Indonesia 2017 di Jawa Tengah. (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

Sebelumnya, Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak menyatakan bahwa dirinya telah menjadi korban fitnah bahkan kriminalisasi dalam kasus dugaan penyelewengan dana kemah Pemuda Islam Indonesia 2017 yang kini diselidiki oleh kepolisian. “Kasus 2 M itu bagi kami seperti kami dikerjai, sudah kami sampaikan beberapa hal, kasus itu kan melibatkan Presiden, Pak Jokowi terlibat, beliau yang mengundur waktu, kami hanya difasilitasi mengumpulkan massa,” kata Dahnil.

Dahnil beralasan perkemahan Pemuda Islam Indonesia 2017 merupakan bentuk dukungannya terhadap Presiden Joko Widodo agar tidak lagi dituduh anti Islam. “Kalau pihak polisi mempermasalahkan kegiatan yang diinisiasi Kemenpora dan Presiden  untuk kepentingan Presiden, saya pikir pihak kepolisian sedang menghina Presiden, saat itu kami sedang membantu Pak Presiden, biar enggak dituduh anti Islam,” papar Koordinator Juru Bicara Tim Kampanye Prabowo-Sandi di Pilpres 2019 ini.

Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak (kanan) saat menghadiri Refleksi 19 Tahun Reformasi di Kantor PP Muhammadiyah, Jakarta, Sabtu (20/5). (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

Sementara itu, Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Argo Yuwono menyebut penyidik sampai bertolak ke Yogyakarta demi mengungkap kasus ini untuk memeriksa saksi terkait. Argo menyebutkan seluruh saksi melaporkan adanya potensi penggunaan anggaran yang tidak sesuai dengan fakta. "Penyidik sudah memeriksa beberapa saksi yang sudah menyatakan bahwa saksi itu ada memberi keterangan adanya dugaan mark-up," ucap Argo kepada Esther Cramer dari NET.

Argo tidak menyebutkan secara rinci jumlah saksi yang telah diperiksa polisi. "Itu dari pihak mana saja nanti kita buka semua di Pengadilan. Yang sekarang sudah dilakukan pemeriksaan yakni yang di Yogyakarta," tandas Argo.

JANUAR YUDHA | JORDI YONATAN 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments