hero
(NET/Mahfudz Sunarjie)

EDITOR : FEBRY ARIFMAWAN

26 November 2018, 13:30 WIB

JAWA TIMUR, INDONESIA

Tak hanya pasar tradisional, Tempat Pelelangan Ikan (TPI) juga menjadi langganan kunjungan Calon Wakil Presiden (Cawapres) Sandiaga Uno. Sandi kembali mengunjungi TPI saat bersafari di Jember, Jawa Timur. Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini sampai di Pelabuhan Pelelangan Ikan Puger, Jember, Senin pagi. 

Kedatangan Sandi langsung disambut rombongan ibu-ibu di sekitar pelabuhan untuk bersalaman dan berswafoto. Selain menyapa langsung kaum nelayan, Sandi mengaku ingin menjaring aspirasi langsung dari warga di pesisir Laut Selatan Jawa. 

Sandiaga Uno menyapa warga di Tempat Pelelangan Ikan, Pelabuhan Puger, Jember. (NET/Mahfudz Sunarjie)

Pada kesempatan itu pula, Sandi mengeluhkan kegiatan blusukannya ke kalangan nelayan kerap “dibenturkan” dengan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. “Setiap kali saya ke tempat pelelangan ikan, digoreng-goreng nih sama masyarakat, dibenturin sama Bu Susi,” ujar Sandi.

Sandi mengatakan bahwa blusukannya ke kantong-kantong nelayan merupakan kegiatan menangkap aspirasi masyarakat. “Tapi saya kan sedang menangkap aspirasi masyarakat? Kemarin 2-3 hari lalu Bu Susi kesini ya? Tapi masih dirasakan nelayan ini ingin menyampaikan kepada kami,” papar Sandi. “Kami sedang menangkap aspirasi, ya ini tugas saya dan Pak Prabowo untuk menyampaikan aspirasi ini diangkat, supaya nanti di pemerintahan yang baru 2019, bisa memberikan solusinya kepada para nelayan,” lanjutnya. 

Sandiaga Uno berdialog dengan warga di TPI Pelabuhan Puger, Jember. (NET/Mahfudz Sunarjie)

Saat berada di Pelabuhan Pelelangan Ikan Puger, Sandi mendengarkan curhat dari beberapa nelayan tentang berbagai persoalan yang mereka alami. Misalnya soal tak stabilnya harga ikan yang tak sebanding dengan melimpahnya hasil tangkapan nelayan. Menipisnya pasokan bahan bakar solar untuk perahu juga jadi persoalan. 
 
Cawapres nomor urut 02 ini pun berjanji, jika terpilih dalam pemilu mendatang, dirinya bersama Prabowo akan prioritaskan perbaikan sistem dermaga Laut Selatan Jawa. Termasuk akan merenovasi pelabuhan ikan menjadi objek destinasi wisata yang mirip dengan pelabuhan di San Francisco, California, Amerika Serikat. Dalam benak Sandi, selain sebagai tempat berlabuh ikan segar, TPI juga layak jadi referensi wisatawan domestik dan asing. 
 
Dalam safari politik kali ini, Sandi akan menghabiskan waktu selama dua hari di Jember. Selain menyapa nelayan, Sandi juga dijadwalkan berkunjung ke sejumlah pondok pesantren di Jember, sebelum akhirnya akan bergeser ke Banyuwangi, Jawa Timur.
 
MAHFUDZ SUNARJIE

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments