hero
(EMPOWHER)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

19 November 2018, 07:50 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Kuku enggak hanya menjadi platform desain kontemporer untuk kecantikan semata lho. Kuku juga merupakan organ bagian tubuh yang penting. Yang dapat mencerminkan status kesehatan seseorang secara umum.

Berikut hal-hal yang perlu kamu ketahui dari keadaan kukumu. Yang dapat menunjukkan keadaan kesehatanmu yang sebenarnya. Salah satunya adalah memerhatikan warna kukumu.

Warna kuku. (BRIGHTSIDE)

 

1Kuning

Warna kuku kuning biasanya menunjukkan infeksi jamur. Kalau enggak diobati segera, kondisi ini dapat memburuk bahkan bisa menyebabkan kerapuhan.

Warna kuku kuning bisa juga karena sering menggunakan kutek berkualitas rendah. Atau perlu waspada bagi kamu yang merokok, bisa jadi hal ini menandakan adanya masalah paru-paru.

2Putih

Kuku putih dengan strip merah muda di bagian atas atau kuku terry, dapat menjadi tanda gagal jantung kongestif, gagal ginjal, diabetes.  Dan beberapa masalah hati seperti hepatitis atau sirosis. Terkadang kuku terry juga bisa disebabkan oleh penuaan.

3Pucat

Jika warna kukumu sangat pucat, bisa jadi karena kekurangan nutrisi atau masalah sirkulasi yang mencegah darah mencapai ujung jari. Dalam kasus yang parah, ini dapat menyebabkan anemia atau kekurangan zat besi dalam darah.

4Merah tua

Kuku merah tua mungkin menunjukkan kalau kamu memiliki penyakit jantung. Jika kemerahan memanjang ke sisi kuku dan kutikula, ini mungkin tanda penyakit autoimun yang disebut lupus.

5Biru atau keunguan

Kuku kebiruan atau ungu biasanya berarti bahwa tubuh enggak mendapat cukup oksigen. Penyebab lainnya adalah masalah jantung dan masalah paru-paru seperti emfisema dan bronkitis kronis.

6Cokelat

Warna kuku lainnya dapat menjadi tanda berbagai masalah kesehatan. Misalnya, jika kuku menjadi coklat, ini mungkin menunjukkan kamu memiliki penyakit tiroid atau masalah gizi.

 

BRIGHTSIDE| PIEDMONT

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments