hero
(ANTARA)

EDITOR : FEBRY ARIFMAWAN

16 November 2018, 15:40 WIB

YOGYAKARTA, INDONESIA

Calon Wakil Presiden nomor urut 2, Sandiaga Salahudin Uno terus bersafari ke berbagai daerah. Isu-isu ekonomi kembali ia soroti lewat berbagai cara, salah satunya lewat ukuran tempe. Hal ini ia lakukan juga saat mengawali kunjungannya ke Yogyakarta dengan sarapan di Soto Batok Mbah Katro di kawasan wisata Candi Sambisari, Kalasan, Sleman, Jumat pagi.

Sandiaga Uno menyantap tempe goreng di Warung Soto Bathok Mbak Katro, Yogyakarta. (NET/Sigit Pamungkas)

Saat menyantap soto yang disajikan di dalam tempurung kelapa ini, Sandi mencicipi cemilan tempe. Sandi pun menyebut tempe goreng yang ia makan tebalnya hampir sama dengan tumpukan lima kartu ATM. Tempe ini lebih tebal daripada tempe 1 ATM yang dulu pernah ia temukan. “Ini (tempe) tak setipis kartu ATM,” kata Sandi. 
 
Sandi pun meneruskan aspirasi dari pemilik warung. “Menurut Bu Endah salah satu harapannya, doanya stabil, dia tidak perlu mengecilkan ukuran tempenya,” tukas Sandi. Sandi pun mengagumi cita rasa tempe yang ia makan. “Renyah sekali karena dikemas pakai daun, rasanya berbeda, ada tekstur dan taste yang berbeda,” ujar Sandi.  

Tempe yang disebut Sandiaga setebal lima kartu ATM di Warung Soto Bathok. (NET/Sigit Pamungkas)

Soto Mbah Katro disajikan dalam tempurung kelapa atau dalam istilah Bahasa Jawa disebut batok. Di warung soto ini Sandi ditemani para relawan dan sejumlah pengurus partai di wilayah Yogyakarta. 

Kedatangan Sandi pun disambut oleh para pengunjung yang sedang makan dan memintanya untuk foto bersama.Usai sarapan soto, Sandi berencana mengunjungi sejumlah tempat di Yogyakarta untuk bertemu pedangang pasar hingga UMKM dan santri. 

Presiden Joko Widodo membeli buah alpukat ketika  memantau kebutuhan bahan pokok di Pasar Surya Kencana, Bogor, Jawa Barat, Selasa (30/10/2018). Presiden menegaskan harga kebutuhan bahan pokok stabil. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Kritik 'per-tempe-an' Sandi sebenarnya sudah ditanggapi oleh Jokowi. Mantan Wali Kota Solo ini menjawab lewat aksi blusukannya ke Pasar Surya Kencana, Bogor, Selasa (30/10) malam. Jokowi menyindir sejumlah pihak yang kerap mengungkit-ungkit harga sembako di pasar yang selalu naik. Menurut Jokowi, hal itu tak sesuai dengan kenyataan di lapangan serta laporan yang ia terima. 

SIGIT PAMUNGKAS

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments