hero
(INSTAGRAM/kbaute)

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

15 November 2018, 12:05 WIB

KANADA

Untuk bisa membuktikan hasil penelitiannya, para ilmuan enggak segan melakukan eksperimennya sendiri meski harus membahayakan nyawa. Hal ini juga yang dilakukan oleh Kurtis Baute ilmuan asal Columbia, Kanada.

Dilansir dari laman Oddity Central pada 8 November 2018, Kurtis hendak membuktikan apakah tanaman bisa mengubah CO2 menjadi oksigen untuk membuat manusia tetap hidup. Ia pun mengunci dirinya dalam tenda plastik berukuran 3 meter kali 3 meter tanpa lubang udara di halaman rumah saudaranya selama tiga hari.

Sayangnya, Kurtis harus menghentikan eksperimen itu hanya setelah 15 jam karena level CO2 mencapai titik berbahaya sehingga dia berisiko menderita kerusakan otak atau bahkan mengalami koma.

"Aku mungkin bisa bertahan di dalamnya tiga hari. Tapi tujuanku bukan untuk mati, tujuanku mengakhiri proyek ini tanpa mengalami kerusakan otak, jadi biru, mengalami stroke panas atau menyakiti tubuh saya,” ujar Kurtis.

Gagalnya eksperimen Kurtis ini karena 200 tanaman yang dibawanya ke dalam tenda tertutup itu tidak dapat menghasilkan oksigen yang dia butuhkan. Karena langit saat itu diketahui berawan dan tidak ada sinar matahari, sehingga tanaman tidak bisa melakukan fotosintesis untuk bisa mengubah CO2 menjadi oksigen dengan cepat.

“Tanaman sangat suka CO2. Tapi mereka hanya dapat menangani sangat banyak jika ada sinar matahari. Karena tak ada cukup sinar, mereka tak memperoleh cahaya yang diperlukan. Itu artinya jumlah CO2 terus bertambah. Akankah berlanjut hari ini jika seperti ini,” tambahnya kemudian.

Meski target awalnya gagal, Kurtis tetap menganggap tes ini berhasil karena tujuannya adalah menyoroti dampak perubahan iklim dan emisi CO2.

ODDITY CENTRAL

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments