hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

14 November 2018, 08:45 WIB

INDONESIA

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, sekitar 1/3 dari semua kematian terhubung dengan penyakit kardiovaskular. Semua itu sebenarnya bisa dicegah dengan mengonsumsi minyak ikan secara rutin. Minyak ikan mengandung asam lemak tak tergantikan seperti omega-3 dan omega-6 yang membantu menjaga jantung dan pembuluh darah kita tetap sehat. Inilah beberapa efek luar biasa yang dapat dimiliki minyak ikan jika kita meminumnya secara teratur.

 

 

 

 

 

 

1. Risiko terkena penyakit jantung akan berkurang.

BRIGHTSIDE.

Efek positif pada tubuh adalah menurunnya tingkat kolesterol berbahaya.  Asam lemak omega-3 dan omega-6 yang mengandung minyak ikan mengurangi risiko penyakit jantung karena tingkat trigliserida menurun, plak di bagian dalam arteri menghilang, dan tekanan darah menurun.

2. Berpikir akan menjadi lebih cepat dan lebih fleksibel.

BRIGHTSIDE.

Omega-3 mengandung DHA atau asam docosahexaenoic yang membuat selaput sel menjadi sehat dan memperkuat koneksi sel-sel saraf. Inilah salah satu alasan untuk menggunakan minyak ikan sebagai cara mencegah penyakit Alzheimer. Sejumlah penelitian juga menunjukkan bahwa minyak ikan menstimulasi fungsi otak, mempercepat reaksi otak, fungsi otak yang lebih tinggi, dan kecepatan pengambilan keputusan.

3. Sistem kekebalan tubuh akan membaik.

Di banyak negara, asam tak jenuh ganda ditambahkan ke makanan biasa seperti mentega atau margarin. Ini adalah sumber tambahan dari omega-3 yang terkandung dalam minyak ikan, dan itu merangsang produksi prostaglandin. Mereka membuat sistem kekebalan tubuh lebih kuat dan membantu tubuh mengatasi infeksi.

4. Stamina akan meningkat.

BRIGHTSIDE.

Para ahli menemukan bahwa setelah mengkonsumsi nutrisi ini secara teratur, tubuh mulai menggunakan lemak selama latihan yang lama sehingga menghemat penyimpanan glikogen untuk latihan yang lebih sulit. Hal ini meningkatkan waktu seorang atlet dapat berolahraga.

5. Energi lebih cepat kembali setelah latihan.

BRIGHTSIDE.

Percobaan pada otot menunjukkan bahwa asam lemak tak jenuh ganda mampu melindungi sel-sel saraf dari cedera dan mencegah kematian mereka. Semua ini mendukung fakta bahwa menggunakan minyak ikan secara teratur tidak akan menjadikan kita superman, tetapi pasti akan membantu kita untuk berlatih lebih sering dan dengan intensitas yang lebih tinggi.

6. Mudah menghadapi stres

Asam tak jenuh ganda dapat meningkatkan produksi serotonin, hormon yang bertanggung jawab untuk suasana hati yang baik. Jadi, akan lebih mudah untuk menghadapi stres. Dalam beberapa kasus, minyak ikan bahkan diresepkan untuk anak-anak dengan gangguan hiperaktif dan defisit perhatian. Menurut informasi dari studi penelitian, minyak ikan bahkan dapat memiliki pengaruh positif pada orang-orang dengan skizofrenia dan penyakit mental lainnya.

7. Sumber tambahan vitamin dan mineral.

BRIGHTSIDE.

Minyak ikan juga mengandung satu set mineral dan vitamin. Vitamin dapat bervariasi tergantung pada jenis ikan dan banyak faktor lainnya, sehingga minyak ikan tidak dapat dikonsumsi sebagai multi-vitamin. Namun, minyak ikan sebagai sumber tambahan vitamin A dan D dapat membantu  menyingkirkan rambut rapuh dan menyerap kalsium dan fosfor. Secara historis, menggunakan minyak ikan diresepkan untuk mereka yang kekurangan vitamin D dan untuk mencegah rakhitis pada anak-anak.

8. Kulit akan terlihat sehat.

BRIGHTSIDE.

Minyak ikan memiliki pengaruh positif pada kulit karena asam omega-3 dapat menyimpan kolagen, yaitu dasar elastis kulit kita yang mencegah munculnya kerutan. Usia dan stres yang konstan mengurangi jumlah kolagen yang membuat kulit kering. Sumber tambahan asam lemak tak jenuh ganda juga dapat membantu mengatasi jerawat. Di antara semua asam lemak, omega-3 memiliki efek imunomodulator terkuat yang mempercepat penyembuhan.

BRIGHTSIDE | HEALTHLINE

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments