hero
(PIXABAY)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

13 November 2018, 11:15 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Estrogen merupakan hormon utama yang dimiliki perempuan. Hormon ini bertanggung jawab dalam pengembangan dan pengaturan sistem reproduksi dan karakteristik gender. Seperti pertumbuhan rambut ketiak, pertumbuhan payudara, dan siklus menstruasi.

Sangat penting bagi perempuan untuk mengontrol hormon estrogen dalam tubuhnya dan menjaganya pada tingkat normal. Kenapa? Karena ternyata, kadar hormon estrogen yang berlebihan dalam tubuh berisiko menyebabkan kanker di kalangan perempuan.

Secara alami, estrogen sebenarnya bisa meningkat karena dua hal, yakni masa pubertas dan kehamilan. Namun, ada juga faktor eksternal yang dapat meningkatkan estrogen seperti pola hidup dan makanan yang diasup sehari-hari.

Konsumsi alkohol dan obat-obatan berlebih, penyakit jantung, diabetes, dan tekanan darah tinggi. Serta stres bisa menyebabkan kadar estrogen meningkat. Yuk cek, apa saja sih tanda-tanda tubuh kelebihan hormon estrogen? 

1Payudara membengkak

Payudara membengkak. (BRIGHTSIDE)

Banyak perempuan merasakan perubahan pada payudaranya selama siklus menstruasi dan kehamilan, karena payudara sangat sensitif terhadap hormon. Jika kamu mengalami nyeri payudara atau pembengkakan lebih dari biasanya, ini bisa disebabkan oleh estrogen yang tinggi.

2Mood-swing

Mood-swing. (BRIGHTSIDE)

Estrogen memengaruhi kondisi mental dan emosimu. Perasaan ini akan mengingatkan kamu pada gejala PMS. Mungkin kamu merasa tertekan atau cemas dan emosi bisa berada di mana-mana tanpa alasan yang jelas.

3Payudara mengencang

Payudara mengencang. (BRIGHTSIDE)

Saat estrogen mendominasi, payudara akan terasa lebih kenyal dan ini bisa menjadi lembut atau menyakitkan. Jangan ragu untuk segera pergi ke dokter kalau kamu menemukan benjolan di jaringan payudaramu.

4Rambut rontok

Rambut rontok. (BRIGHTSIDE)

Biasanya ini menjadi masalah laki-laki, tetapi ketika perempuan memproduksi terlalu banyak estrogen, ia bisa juga mengalami kerontokan rambut lebih dari biasanya. Ini dapat menyebabkan keadaan yang lebih depresif, tetapi kamu harus ingat, bahwa jumlah rambut yang hilang tergantung pada gaya hidupmu juga.

5Berat badan naik

Berat badan naik. (BRIGHTSIDE)

Kamu mungkin enggak makan berlebih dan lebih banyak berbaring di sofa. Tetapi kamu menyadari area pinggul semakin besar. Ini bisa menjadi tanda kelebihan estrogen, biasanya juga disertai rasa kembung dan kesulitan untuk menurunkan berat badan, bahkan setelah menjalani diet sekalipun.

6Periode menstruasi enggak teratur

Periode menstruasi enggak teratur. (OBGYNWC)

Saat haid perempuan yang selalu tepat waktu dan tiba-tiba datang lebih awal atau terlambat, itulah tanda penting tubuh tengah mengalami kelebihan estrogen. Periode menstruasi diatur secara hati-hati oleh kadar hormon dalam tubuhmu. Dan jika ada sedikit saja ketidakseimbangan, seluruh periode menstruasi dapat runtuh.

7Merasa lelah

Merasa lelah. (BRIGHTSIDE)

Kalau kamu sulit tidur, kamu akan merasa lelah sepanjang waktu. Ini normal, tetapi jika kamu merasa lelah itu lebih dari biasanya padahal gaya hidupmu normal saja, itu bisa menjadi tanda peringatan bahwa kamu perlu memeriksa kadar hormon.

8Sulit tidur

Sulit tidur. (BRIGHTSIDE)

Estrogen yang berlebihan juga dapat menyebabkan masalah tidur yang berbeda. Kamu mungkin terlalu banyak bicara dan enggak bisa tidur. Atau sebaliknya, kamu merasa mengantuk sepanjang waktu. Perhatikan jika kebiasaan tidurmuberubah tiba-tiba tanpa alasan yang kuat atau perubahan tingkat stres.

 

BRIGHTSIDE| ANATURAL HEALING CENTER

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments