hero
Shelbi Elliott-Heenan dan suaminya. (TWITTER/andreatudhope)

EDITOR : FIRZA ARIFIEN

6 November 2018, 10:15 WIB

AMERIKA SERIKAT

Halloween memang sudah berakhir, tetapi berbagai cerita unik yang terjadi di perayaan yang identik dengan menggunakan kostum itu masih hangat diperbincangkan sampai saat ini. Seperti salah satunya kisah seorang perawat asal Missouri, Amerika Serikat yang terpaksa harus kehilangan pekerjaan karena kostum Halloween-nya sendiri. 

Ia adalah Shelbi Elliott-Heenan yang dipecat dari rumah sakit Saint Luke, tempat ia bekerja. Hal itu terjadi setelah ia membagikan foto Halloween-nya yang berdandan ala Beyonce Knowles, bersama suaminya yang berdandan ala Jay-Z. Foto tersebut menjadi viral dan banyak yang menganggap bahwa perilaku Shelbi dan suaminya sangat tidak pantas. 

Sebenarnya tidak ada yang salah dengan berdandan ala Beyonce saat Halloween. Namun, yang dipermasalahkan adalah Shelbi dan suami yang merupakan keturunan kulit putih dengan sengaja menghitamkan kulit mereka dengan makeup, hanya untuk terlihat seperti Beyonce dan Jay-Z. 

Seseorang yang tidak senang dengan aksi Shelbi sepertinya langsung menghubungi rumah sakit tempat ia bekerja. Tak lama kemudian rumah sakit itu resmi memecat Shelbi disertai dengan sebuah statement

"Rumah Sakit Saint Luke sangat berkomitmen terhadap budaya, keragaman, dan inklusi," tulis rumah sakit itu dalam sebuah pernyataan. “Sangat penting bagi kami sebagai sebuah organisasi dan kami dengan penuh semangat melindungi hal itu atas nama semua pasien dan karyawan kami, di mana mereka mewakili kami untuk melakukan hal yang sama.”

Beyonce dan Jay-Z. (THE INDEPENDENT)

Mereka yang merupakan keturunan kulit putih dan dengan sengaja menghitamkan kulit atau istilahnya blackface memiliki akar di abad ke-19. Awalnya hal itu digunakan untuk kepentingan pertunjukan seni, seperti yang dilakukan "Unclo Joe" dan "Izebel". Namun, lama kelamaan hal itu dianggap rasis, bahkan sampai saat ini. 

Berita tentang pemecatan Shelbi terjadi seminggu setelah pembawa acara asal Amerika Serikat, Megyn Kelly diserang karena membela orang kulit putih yang melakukan blackface untuk Halloween. Dia juga dilaporkan telah dipecat sebagai tuan rumah acara TV "Megyn Kelly Today". Tetapi NBC News belum mengumumkan secara resmi mengenai kepergian Megyn Kelly dari acara tersebut. Megyn belakangan dikabarkan sedang dalam proses bergabung dengan acara televisi milik ABC, 'The View'.

Megyn Kelly. (VARIETY)

ACESHOWBIZ | THE INDEPENDENT

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments