hero
(Dok. MRT Jakarta)

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

31 Oktober 2018, 15:10 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Mega proyek MRT Jakarta rencananya akan diperluas hingga ke kawasan Tangerang Selatan. Perpanjangan jalur tersebut rupanya atas permintaan langsung oleh Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany. 

Untuk itu, PT. MRT Jakarta langsung melakukan koordinasi dengan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek atau BPTJ. Usulan itu sendiri mendapat sambutan cukup baik dari BPTJ dan menugaskan PT. MRT Jakarta untuk melakukan studi kelayakan. 

Saat ini, proses studi tersebut telah berjalan dan diprediksi akan selesai pada akhir tahun 2018. Sementara hasilnya baru akan dipaparkan pada awal tahun 2019 mendatang. 

”Mudah-mudahan studinya bisa selesai di awal tahun 2019. Kalau misalnya dimulai 2021 ya kira-kira 4-5 tahun mendatang selesainya,” ujar Tuhiyat, Direktur Keuangan dan Administrasi PT MRT Jakarta.

Dalam rencana induk transportasi Jabodetabek (RITJ), perpanjangan proyek MRT bisa sampai ke Cikarang, Jawa Barat hingga Balaraja, Banten. BPTJ telah memberikan usulan jalur mana yang akan dilewati untuk rute ini. 

Perpanjangan ini dimulai dari Stasiun Lebak Bulus hingga menuju ke Pondok Cabe. Namun Wali Kota Tangerang Selatan meminta agar jalur tersebut diarahkan ke BSD atau Puspitek, sampai ke Rawa Buntu dan Tangerang Kota.

 
Perpanjangan proyek dan rute ini diharapkan mampu membuat masyarakat beralih dari kendaraan pribadi ke transportasi massal. Jika tidak ada aral melintang pada Maret 2019 MRT Jakarta sudah bisa digunakan.

Berikut ini rute MRT Jakarta jalur ke Tangerang Selatan yang diusulkan BPTJ:

1. Lebak Bulus
2. Stasiun UMJ (Universitas Muhammadiyah Jakarta)
3. Stasiun UIN Syarif Hidayatullah
4. Stasiun Pasar Ciputat
5. Stasiun Pustekkom
6. Stasiun Pondok Cabe
7. Stasiun Pamulang Barat
8. Stasiun Pondok Benda
9. Stasiun Babakan
10. Stasiun Puspitek
11. Stasiun Rawa Buntu
12. Tangerang Kota

AULIA KURNIA

6

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments