hero
(Pixabay)

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

26 Oktober 2018, 06:05 WIB

CINA

Belakangan, media sosial Cina dihebohkan dengan berita pembuatan bulan buatan di Provinsi Chengdu. Konon, bulan artifisial ini bisa menggantikan cahaya lampu jalanan saat malam hari dan cahayanya delapan kali lebih terang dari bulan asli.

Proyek tersebut pertama kali disampaikan oleh Wu Chunfeng, chairman dari perusahaan luar angkasa non pemerintah, Chengdu Aerospace Science and Technology Microelectronics System Research Institute Co (Casc).

Chunfeng menyampaikan bahwa perusahaannya berencana meluncurkan bulan buatan yang cahayanya delapan kali lebih terang dari satelit asli planet Bumi. Jangkauan cahayanya juga mencapai diameter 10-80 kilometer.

“Tingkat pencahayaan dan waktu nyala dari satelit ini akan bisa diatur. Akurasi pengaturan dapat di-setting dari jarak puluhan meter,” kata Chunfeng.

(BBC)

Mendengar berita ini, masyarakat dan pengguna media sosial Cina, sepert Weibo pun menyampaikan pro dan kontranya. Ada yang menilai hal ini sebagai kemajuan teknologi. Di sisi lain, ada juga yang khawatir kehadiran bulan buatan ini dapat mengganggu siklus alami kehidupan. Baik siklus tidur manusia ataupun kehidupan hewan-hewan di alam liar.

Namun hal itu dibantah perwakilan dari School of Aerospace di Harbin Institute of Technology. Menurutnya satelit buatan ini hanya menghasilkan pendaran sinar yang tidak berpengaruh signifikan pada hewan.

Spekulasi lainnya adalah tentang bagaimana cara kerja satelit yang rencananya diluncurkan pada 2020 tersebut. Beberapa media menyebutkan, bahwa bulan buatan ini diberi lapisan khusus yang dapat merefleksikan cahaya matahari. 

Selain itu juga dilengkapi solar panel yang bentuknya dapat diatur sehingga bisa memancarkan cahaya ke lokasi tertentu dengan tingkat pencahayaan yang sesuai.

Belum diketahui juga apakah pemerintah Cina atau pemerintah provinsi Chengdu ada di balik proyek besar ini. Yang jelas, kalau bulan buatan ini jadi diluncurkan, cahayanya bisa menggantikan lampu jalanan sehingga menghemat biaya listrik. Dan tentunya juga jadi daya tarik wisata bagi mereka yang datang ke Chengdu.

ODDITY CENTRAL

7

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments