hero
(NET)

EDITOR : ALBERT WILLIANCOEN

23 Oktober 2018, 20:16 WIB

JOMBANG, INDONESIA

Calon presiden Prabowo Subianto dan wakilnya Sandiaga Uno lakukan napak tilas resolusi jihad  untuk peringati Hari Santri Nasional di Jawa Timur, Senin, 22 Oktober 2018 kemarin. Kegiatan yang diikuti ratusan pendukungnya ini dimulai dari Jombang, Jawa Timur dan berakhir di Tugu Pahlawan Surabaya. Semua ini dilakukan untuk menghormati jasa pahlawan terutama para ulama pendiri NU.

Sebelumnya, pasangan capres dan cawapres nomer urut 02 ini melakukan pertemuan tertutup dengan Kyai Haji Salahudin Wahid, pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang di rumah kasepuhan. Usai pertemuan, mereka melakukan kegitan ziarah ke Makam Pendiri Nahdlatul Ulama selaku pencetus gerakan resolusi jihad, Kyai Haji Hasyim Asyari yang juga merupakan Pahlawan Nasional. Menurut calon presiden Prabowo Subianto, gerakan resolusi jihad ini penting untuk dikenang dan dilanjutkan semangat perjuangannya. 

Calon Presiden nomer urut 02 Prabowo Subianto berikan keterangan pers kepada awak media di Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, Senin (22/10). (NET/Muhammad Mufid)

"Bukti bahwa kaum agama terlibat langsung dalam mempertahankan kemerdekaan, memenangkan, dan mempertahankan. Selama perjuangan memperebutkan kemerdekaan pemuka agama selalu membela kepentingan bangsa rakyat," ujar Prabowo Subianto di Jombang, Jawa Timur, Senin, 22 Oktober 2018.

Mantan Danjen Kopassus ini menambahkan bahwa kegiatan ini murni merupakan napak tilas resolusi jihad untuk mengenang perjuangan pendiri bangsa dan tidak ada unsur kampanye. 

Sementara terkait kehadiran capres dan cawapres nomer urut 02 di pesantren Tebuireng, Kyai Haji Salahudin Wahid atau yang biasa disebut Gus Solah sebagai pengasuh pesantren  berdalih hanya menghormati tamunya dan tidak ada unsur dukung mendukung dalam Pilpres 2019 mendatang.

Pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng, Kyai Haji Salahudin Wahid atau akrab dipanggil Gus Solah saat diwawancarai awak NET di Rumah Kasepuhan, Ponpes Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, Senin (22/10). (NET/Muhammad Mufid)

"Kami pasti menerima kunjungan itu dengan baik. Dan tidak ada kaitannya dengan itu. Dan saya sendiri belum menentukan pilihan. Masih terlalu pagi,  kita belum tahu apa yang akan dikerjakan oleh masing-masing calon itu saya  sendiri tidak ingin memihak pada siapa-siapa," ujar Gus Solah di Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, Senin, 22 Oktober 2018.

Rombongan Prabowo-Sandi melanjutkan perjalanan Napak Tilas Resolusi Jihad di Jombang, Jawa Timur, Senin (22/10). (NET/Muhammad Mufid)

Apel resolusi jihad yang dipimpin oleh Prabowo Subianto di lapangan parkir Gus Dur ini berlanjut ke Makam KH Hasyim Asyari, lalu ke Pondok Mambaul Arif Denanyar tempat makam KH Bisri Syamsuri dan Ponpes Bahrul Ulum Tambakberas, Jombang tempat makam KH Wahab Chasbullah, sebelum berakhir di Tugu Pahlawan Surabaya.

MUHAMMAD MUFID

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments