hero
Raffi & Rahman pencipta robot lego. (NET.CJ/Fernando Fertusia)

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

17 Oktober 2018, 17:05 WIB

SOLO, INDONESIA

Inovasi teknologi memang enggak ada matinya. Seperti yang dilakukan dua anak SMP Muhammadiyah Program Khusus Kota Barat, Surakarta, bernama Raffi dan Rahman. Mereka berdua membuat robot dari lego dan berhasil memenangi kejuaraan tingkat Provinsi Jawa Tengah. 

Dalam kompetisi tersebut, robot lego buatan Raffi dan Rahman menang di kategori Lend Follower yang diikuti oleh 30 tim. Robot diharuskan berjalan mengikuti suatu garis dan gerakannya diatur oleh sensor cahaya. Namun ada sejumlah kendala dalam mengembangkan robot ini. 

Robot lego. (NET.CJ/Fernando Fertusia)

"Sebenarnya ada kendalanya yaitu pada cahayanya berubah-ubah jadi harus ngecek cahaya lagi," ungkap Raffi seperti dikutip dari NET.CJ pada 16 Oktober 2018. 

Rahman yang menjadi pembuat robot dan Raffi yang mengaplikasikan software mesti bekerjasama untuk mengatur kepekaan cahaya agar gerakan robotnya bisa sesuai. Robot lego mempunyai dua fungsi yaitu memindahkan balok dari titik awal ke titik yang telah ditentukan.

Robot lego. (NET.CJ/Fernando Fertusia)

Selain itu, robot dapat melaju sesuai lintasan yang telah ditentukan dengan memakai sensor cahaya. Dua siswa SMP ini butuh waktu satu bulan untuk membuat robot dapat berfungsi baik. 

Robot buatan Rahman dan Raffi berhasil menang karena memenuhi kriteria yang ditentukan. Yaitu kecepatan sampai di garis finish dan banyaknya poin yang dikumpulkan. 

NET.CJ FERNANDO FITUSIA

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments