hero
(BRIGHTSIDE)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

11 Oktober 2018, 15:00 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Jembatan sering kali menjadi bangunan unik dan penanda di suatu kota atau negara. Konstruksinya yang kerap didesain megah, indah, dan menarik perhatian membuat jembatan menjadi ikon dan dikunjungi para wisatawan untuk mengabadikan foto.

Nah, penasaran kan apa saja jembatan paling unik yang tersebar di belahan bumi ini? Berikut beberapa di antaranya.

1In The Sky, Malaysia

In The Sky, Malaysia. (BRIGHTSIDE)

Jembatan layang yang satu ini enggak menghubungkan apapun dan enggak akan membawamu ke tujuan manapun. Konstruksi jembatan ini merupakan inisiatif pemerintah yang sengaja diciptakan untuk menarik perhatian turis. Jembatan ini unik karena hanya disupport oleh hanya satu tiang baja dan 8 kabel dan menjadi salah satu jembatan paling menarik di dunia. 

2Across the Ocean, Cina

Across the Ocean, Cina. (BRIGHTSIDE)

Jembatan Donghai merupakan salah satu jembatan terpanjang yang menjembatani laut di dunia. Namun, jembatan yang terletak di seberang Hang Zhou Bay, masih lebih panjang dari saudaranya ini.

 Bentuknya yang seperti huruf S membuat jembatan ini sangat menawan jika diambil fotonya dari atas. Padahal, konstruksi demikian lebih bertujuan untuk keamanan agar pengemudi yang menyeberangi jembatan ini tidak mengantuk. 

3Through a Forest, Kanada

Through a Forest, Kanada. (BRIGHTSIDE)

Jembatan Gantung Capilano melintasi sungai dengan nama yang sama, yang berasal dari nama pemimpin suku Indian Squamish, penduduk asli tempat ini. Jembatan ini luar biasa karena sebagian dari rutenya menghantarmu naik ke tingkat puncak pohon, yang membawa jalan ini melintasi hutan ke tingkat lain yang lebih magis.

4Reflection, Jerman

Reflection, Jerman. (BRIGHTSIDE)

Jembatan Devil's Rakotzbrücke terkenal dengan bentuk busurnya yang terefleksi pada air. Dan menciptakan lingkaran sempurna jika diamati dari sudut tertentu. Tempat ini dikelilingi oleh aura mistis dan jembatan itu sendiri enggak bisa dilalui.

Namun, pintu masuk ke jembatan ditutup bukan karena alasan mistis. Tetapi demi keamanan karena jembatan dibangun untuk tujuan estetis dan fungsional. 

5Aqueduct, Britania Raya

Aqueduct, Britania Raya. (BRIGHTSIDE)

Jembatan Pontcysyllte Aqueduct, yang terletak di Wales, adalah bagian dari Situs Warisan Dunia UNESCO. Dibangun 200 tahun yang lalu, jalur air yang unik ini enggak hanya menjadi karya rekayasa tetapi juga arsitektur monumental yang sempurna.

Desain saluran air sangat cocok dengan pemandangan alam di sekitarnya, inilah yang disoroti oleh UNESCO. Hal yang paling menyenangkan dari objek wisata ini adalah pengunjung dapat melakukan perjalanan dengan perahu pada ketinggian 38 meter lho. 

6Glass Bridge, Cina

Glass Bridge, Cina. (BRIGHTSIDE)

Jembatan Kaca Zhangjiajie dibangun untuk menarik wisatawan ke wilayah tersebut, serta untuk menguji keberanian orang-orang. Jembatan ini memiliki dasar transparan, terletak 260 meter di atas tanah, dan panjangnya sekitar 426 meter, yang menjadikannya salah satu jembatan bawah kaca tertinggi dan terpanjang di dunia.

Ada bagian khusus di mana wisatawan yang paling berani dapat mencoba bungee jumping dari 265 meter. Yang akan menjadi lompatan tertinggi dari jenisnya di dunia.

7Bouncing Bridge, Prancis

Mungkin, jembatan ini bisa menjadi yang paling enggak biasa yaitu konsep jembatan trampolin, jika menjadi kenyataan. Ya, proyek ini dibuat oleh studio Perancis Atelier Zündel Cristea untuk kontes arsitektur dan desain yang disebut ArchTriumph pada tahun 2012, dan menyabet juara ke-3.

Namun, desain tersebut bukan direncanakan untuk diimplementasikan dalam kehidupan nyata, tetapi foto-foto yang tersebar di seluruh internet membuat banyak orang berpikir bahwa jembatan 3 lengkung di atas Sungai Seine di Paris itu nyata adanya. Tapi, setujukan kalau konsep jembatan seperti ini direalisasikan?

 

BRIGHTSIDE| ATLASOBSCURA

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments