hero
(ANTARA FOTO)

EDITOR : FEBRY ARIFMAWAN

10 Oktober 2018, 15:15 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Rabu siang, Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Kombes Pol. Adi Deriyan membantah adanya aliran dana suap ke Kapolri Jenderal Pol. Tito Karnavian dari Direktur CV Sumber Laut Perkasa Basuki Hariman. Adi memastikan hal ini berdasarkan keterangan Basuki Hariman saat diperiksa oleh polisi. “BH sudah sampaikan kepada kami penyidik, nama-nama, pejabat-pejabat, orang-orang, yang ada di buku merah adalah tidak pernah dia berikan. Itu keterangan BH sendiri,” ujar Adi. 

Adi meyakinkan bahwa hubungan antara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dengan Polri tetap baik. “Jangan mudah termakan isu. Malah ada tuntutan untuk periksa-periksa. KPK dengan polisi itu solid. KPK dan polisi selalu kerjasama dalam kasus ini,” kata Adi. 

Ketua KPK Agus Rahardjo (kanan) berjabat tangan dengan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian di gedung KPK, Jakarta, Senin (19/6). (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak)

Terkait dugaan perusakan barang bukti dalam penyidikan kasus Basuki Hariman di KPK, Adi menjawab,”KPK dengan polisi harmonis lakukan kegiatan saling mendukung dan tidak ada berseteru dengan KPK. Saya mantan penyidik KPK, 6 tahun saya bekerja di KPK dan kita junjung kode etik profesi, tidak ada bukti yang bisa keluar.” 

Sebelumnya, dalam laporan investigasi oleh Indonesialeaks, nama Kapolri Jenderal Pol. Tito Karnavian diduga menerima aliran dana suap dari Basuki Hariman, salah satunya saat menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya. Diduga, informasi terkait aliran dana ini ada dalam buku catatan keuangan bersampul merah yang berisi informasi aliran dana dari Basuki Hariman ke sejumlah pihak. Namun, barang bukti buku bersampul merah itu diduga dirusak oleh dua penyidik KPK dan peristiwa itu pun disebut terekam CCTV di ruang kolaborasi lantai 9 Gedung KPK, pada April 2017 lalu. 

MAYFREE SYARI | ADITYA MUSTAQIM

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments