hero
(ANTARA FOTO/Reno Esnir)

EDITOR : FEBRY ARIFMAWAN

27 September 2018, 15:05 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Pemerintah menunggu laporan dari PSSI tentang rencana kerja federasi sepak bola nasional ini dalam rangka menghentikan kecenderungan makin maraknya aksi kekerasan suporter sepakbola di tanah air. Dalam satu pekan ke depan, Kementerian Pemuda dan Olahraga berharap PSSI sudah mempunyai rencana agar insiden tewasnya suporter Persija Jakarta Haringga Sirila tak terulang lagi di kemudian hari.

Hal ini disampaikan Sekretaris Menteri Pemuda dan Olahraga Gatot Dewa Broto usai membuka rapat koordinasi Badan Humas Penyelenggaraan Asian Paragames, di Hotel Ambhara Kebayoran Jakarta Selatan, Kamis pagi.

“Seminggu pertama PSSI menyampaikan laporan apa perencanaan PSSI agar ini tak terulang kembali. Sanksi apa yang harus dikemukakan. Ketiga apa ada jaminan agar the next bisa dikurangi. Eropa aja bisa, masak kita enggak bisa?” kata Gatot.

Petugas Polrestabes Bandung membawa seorang tersangka saat menggelar rekonstruksi pengeroyokan yang dilakukan oleh oknum bobotoh terhadap seorang suporter Persija, Haringga Sirla, di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA). (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Gatot mengingatkan bahwa pemerintah pernah turun tangan menangani persoalan sepak bola di tanah air. “Sebagai gambaran kalau di-challange apakah Kemenpora pernah memberi sanksi langsung? Pernah, saat itu kejadian di GBK 24 Juni 2016 yang mengakibatkan personel kepolisian terluka. Kami menghukum Persija dengan pertandingan 6 kali tanpa penonton. Tapi itu faktanya tidak efektif. Tapi poinnya kita hati-hati jangan sampai disangka intervensi,” ujar Gatot.

Isi statuta FIFA pasal 13, 14 ayat 1 dan 17, salah satunya mengharuskan anggota FIFA untuk menyelesaikan permasalahan  tanpa campur tangan pihak ketiga. PSSI  pernah dibekukan FIFA pada tahun 2015 karena adanya intervensi dari pemerintah yang membekukan PSSI lantaran tidak mengakui hasil Kongres Luar Biasa April 2015 lalu.

Sejumlah pendukung klub sepak bola Persija melakukan ziarah ke makam Haringga Sirila di Indramayu, Jawa Barat, Senin (24/9). (ANTARA FOTO/Dedhez Anggara)

Namun keputusan pemerintah yang menghentikan kompetisi sepakbola selama dua pekan bukanlah bentuk intervensi. Pemerintah sudah mengirimkan surat ke FIFA Kamis lalu, perihal keputusan tersebut. Kemenpora optimistis federasi sepak bola pimpinan Gianni Infantino ini menerima keputusan penghentian sementara kompetisi.

Sebelumnya suporter Persija Jakarta Haringga Sirila tewas dikeroyok oknum bobotoh suporter Persib Bandung. Haringga tewas sebelum menyaksikan tim macan kemayoran bertanding melawan Persib di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Minggu, 23 September 2018.

JANUAR YUDHA | HAFIED RANGGA

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments