hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

25 September 2018, 08:45 WIB

KOREA SELATAN

Kimchi adalah salah satu makanan khas Korea yang paling terkenal di dunia. Umumnya terbuat dari kubis dengan cita rasa pedas dan agak masam. Kimchi disajikan sebagai makanan pendamping di hampir semua restoran Korea. Di balik popularitasnya, Kimchi ternyata punya banyak ‘rahasia’ yang belum banyak diketahui orang luar Korea. Ini dia beberapa diantaranya!

 

1. Ada Lemari Es Khusus Kimchi

Kulkas khusus kimchi dengan rentang suhu idealnya 0-5 derajat celcius! (KOREA BOO)

Setelah kimchi selesai dibuat, harus disimpan dalam wadah kedap udara dengan suhu antara 0-5 derajat Celcius. Suhu ini memastikan kimchi tidak basi dan tahan lama. Karena itu, Korea menciptakan lemari es khusus dengan rentang suhu tersebut. Biasanya setiap rumah di Korea punya satu lemari es khusus kimchi ini!

2. Jenis Kimchi yang Tercatat Ada 200

Ada ratusan jenis kimchi yang diproduksi orang Korea. (KOREA BOO)

Kalau kamu mengira kimchi hanya terbuat dari kubis, maka kamu salah besar! Karena ada banyak jenis kimchi di Korea. Mulai dari kimchi kubis, mentimun, lobak, dan masih banyak lagi. Cita rasanya juga beragam, ada yang pedah ada juga yang tidak. Saking banyaknya, untuk mencoba semua jenis kimchi, kamu butuh waktu 6 bulan, loh.

3. Para Ahli Mencoba Menghilangkan Aroma Kimchi

Para ahli berusaha menghilangkan bau kimchi yang menyengat agar disukai orang asing. (KOREA BOO)

Untuk orang asing, aroma kimchi mungkin kurang menyenangkan. Aroma makanan hasil fermentasi ini sangat kuat, karena itulah para ahli telah berupaya mengurangi bau menyengat kimchi. Tentunya hal ini enggak mudah, karena kimchi mengandung banyak jahe dan bawang putih. Menghilangkan bau dapat mengubah rasanya.

4. Sudah Tersedia Jus Kimchi

Ini jus kimchi yang sangat populer di tahun 2017. (KOREA BOO)

Buat yang suka mencoba aneka makanan dan minuman, harus nyobain jus kimchi. Enggak usah khawatir dengan rasa pedas kimchi, karena jus ini sama sekali enggak pedas. Produk ini sempat populer banget di tahun 2017 dan selalu terjual habis.

5. Rata-rata Orang Korea Mengonsumsi Lebih dari 25 Kilogram Kimchi Setahun

Orang Korea mengonsumsi kimchi hingga lebih dari 25 kilogram per tahun. (REUTERS)

Bagi orang Korea, makan apapun enggak lengkap tanpa kimchi. Karena itulah, kimchi selalu ada di atas meja makan orang Korea, sebagai makanan pendamping. Bahkan menurut data World Institute of Kimchi, orang Korea rata-rata mengonsumsi lebih dari 25 kilogram kimchi setahun!

6. Kimchi Bisa Disimpan Hingga 3 Tahun

Kimchi bisa disimpan hingga 3 tahun. (KOREA BOO)

Jika disimpan pada suhu optimal dan disimpan dengan cara yang benar, kimchi sebenarnya bisa bertahan hingga 3 tahun! Karena itu, kimchi jadi pilihan makanan yang selalu ada di setiap rumah orang Korea.

7. Kimchi Kaya Manfaat untuk Kesehatan

Kimchi kaya antioksidan dan vitamin. (KOREA BOO)

Tahukah kamu, kimchi ternyata kaya akan antioksidan dan vitamin A, B dan C, sementara kuahnya mengandung bakteri probiotik yang baik untuk tubuh. Bahkan menurut beberapa penelitian menunjukkan bahwa kimchi mengandung leboh banyak bakteri baik daripada yoghurt!

8. Tahun 2010 Pernah Ada Krisis Kimchi di Korea

Hasil panen kubis buruk, sempat terjadi krisis kimchi di Korea. (KOREA BOO)

Di tahun 2010, Korea dilanda cuaca buruk sehingga mengakibatkan panen kubis tidak bagus. Akibatnya, kubis jadi langka dan harganya melambung hingga 6 kali lipat dari biasanya. Kebayang kan betapa kacaunya situasi tersebut, apalagi kimchi adalah makanan andalan orang Korea sepanjang musim! Pemerintah saat itu sampai turun tangan mensubsidi kubis untuk warga.

9. Setiap Jenis Kimchi Ada Waktu dan Tempat yang Pas untuk Dikonsumsi

Di setiap musim ada kimchi yang beda-beda. (KOREA BOO)

Sepanjang tahun, orang Korea mengonsumsi kimchi yang berbeda-beda. Ini disebabkan, untuk setiap musim, sayuran yang tersedia juga berbeda-beda. Enggak hanya tergantung musim, ada beberapa jenis kimchi yang disediakan untuk acara-acara khusus. Kadang juga disajikan berpasangan dengan makanan tertentu.

10. Tak Semua Jenis Kimchi Bercitarasa Pedas

Rasa pedas pada kimchi baru ada di abad ke-19. (KOREA BOO)

Kimchi sudah ada sejak abad ke-7, namun baru di abad ke-18, warna merah menjadi ciri khas tampilan kimchi. Tapi, warna merah tersebut belum identik dengan rasa pedas hingga abad ke-19.

KOREA BOO | VISIT KOREA

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments