hero
(ANTARA)

EDITOR : FEBRY ARIFMAWAN

25 September 2018, 17:40 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Sebagai tindak lanjut atas tewasnya suporter Persija, Haringga Sirila, di area Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) beserta sejumlah pihak terkait menggelar konferensi pers di Gedung Kemenpora Jakarta, Senin kemarin.

Turut hadir Ketua Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI), perwakilan dari PSSI, serta perwakilan dari Persija. Sementara itu, perwakilan dari Persib berhalangan hadir.

Setelah bermusyawarah, BOPI selaku badan yang berwenang atas setiap kegiatan olahraga profesional di Indonesia, secara tegas menginginkan penghentian sementara seluruh kegiatan liga selama satu minggu ke depan, apabila PSSI dan operator liga belum mengambil tindakan tegas atas peristiwa yang terjadi Minggu lalu.

“Kami hitung mulai besok. Jadi mulai besok sampai satu minggu ke depan kalau mereka federasi bisa menyelesaikan lebih cepat, mereka bisa mengajukan memulai kompetisinya, tapi kalau belum, dalam waktu itu kami mengharapkan, kami mendesak untuk tidak melakukan kegiatan terlebih dahulu,” kata Ketua BOPI Richard Sam Bera.

Sejumlah Pesepak bola Persib Bandung beradu mulut dengan sejumlah pesepak bola Persija Jakarta pada pertandingan lanjutan Go-Jek Liga 1 2018 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung, Jawa Barat, Minggu (23/9).  (ANTARA FOTO/Novrian Arbi)

Sementara itu, Kepala Hubungan Media PSSI, Gatot Widakdo menyayangkan rekomendasi dari BOPI. Pihaknya menilai pemberhentian sementara liga bukanlah solusi yang tepat karena akan memberatkan penjadwalan kompetisi yang sudah terlanjur berjalan.

“Kita berupaya keras dan kita sih berharap liga tidak dihentikan karena semua scheduling kompetisi sudah dibuat, kemudian klub juga sudah melakukan perencanaan, untuk beli tiket pesawat untuk tiket hotel segala macam,” ujar Gatot Widakdo. 

Gatot mengingatkan jika jadwal pertandingan mundur berarti beban klub makin berat karena gaji juga harus dibayarkan meski kompetisi tidak berjalan. “Tetap harus membayar gaji mereka dan itulah faktor-faktor yang coba kita jelaskan lagi kepada BOPI, kepada pemerintah,” lanjut Gatot.

Terduga pelaku penganiayaan terhadap seorang pendukung klub sepak bola berjalan menuju ruang tahanan usai ditunjukan kepada awak media di Polrestabes Bandung, Jawa Barat, Senin (24/9). Aparat Kepolisian berhasil menangkap 16 oknum suporter Persib, delapan orang diantaranya ditetapkan sebagai tersangka penganiayaan yang menyebabkan meninggalnya seorang suporter Persija pada laga lanjutan Gojek Liga 1 kemarin, Minggu (23/9). (ANTARA FOTO/Prabu Kencana)

Terkait insiden memalukan di Stadion GBLA, kepolisian telah menetapkan 8 orang bobotoh, sebutan bagi suporter Persib, sebagai tersangka. Hingga saat ini, kepolisian  masih terus menyelidiki kasus ini guna mencari kemungkinan adanya pelaku lain.

Kemenpora pun mendukung penuh langkah polisi dan berjanji tak akan melakukan intervensi apapun sekaligus memberikan pelajaran kepada publik agar tidak berani melanggar hukum apapun di negeri ini.

NABILLA PUTERI | LUTHER HUTAGAOL

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments