Kamu pecinta kuliner tongseng, tapi takut kolesterol makan daging kambing atau sapi? Enggak perlu lagi deh. Sebagai pengganti daging, ternyata ikan bandeng juga enggak kalah nikmat buat diolah jadi menu tongseng lho.

Di mana lagi kalau bukan di Semarang, kota yang terkenal dengan olahan ikan bandeng yang sering jadi buah tangan wisatawan untuk dibawa pulang. Sebuah pusat oleh-oleh yang berlokasi di Jalan Pandanaran, Semarang menyajikan lebih dari 50 jenis olahan bandeng, salah satunya adalah yang dimasak dengan bumbu tongseng.

Bahan dan cara memasaknya sama persis dengan tongseng. Yaitu bawang merah dan putih, cabai, serta kuah gulai yang ditumis, lalu ditambahkan potongan kubis dan tomat. Bedanya, tentu pada bahan utamanya yaitu ikan bandeng yang pasti lebih sehat daripada daging kambing atau sapi.

Selain tongseng, ada juga olahan bandeng lainnya seperti sate, garang asem, dan berbagai variasi sajian lainnya yang bisa kamu cicipi. Enggak heran, dalam sehari toko dan restoran ini bisa menghabiskan sekitar 50 ekor bandeng.

Harga seporsi menu bandengnya sangat terjangkau, 12 ribu-16 ribu rupiah saja. Kalau sudah puas menikmati menu-menu bandeng khas Semarang di sini, jangan sampai kelupaan bawa oleh-oleh buat orang rumah ya!

 

LINTANG PUDYASTUTI

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments