hero
(WIKIMEDIA COMMONS)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

21 September 2018, 15:00 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Jalan-jalan berlibur, apalagi ke luar negeri, pastinya enggak mungkin tanpa foto-foto di tempat atau spot kece yang unik dan terkenal. Namun, hati-hati nih kalau kamu berkunjung ke beberapa negara berikut ini.

Karena ada sejumlah tempat yang melarang kamu untuk mengambil foto apa pun. Dilansir dari Brightside, berikut tempat-tempat di dunia di mana berfoto menjadi aktivitas yang ilegal bagi para pengunjungnya.

1Amsterdam, Belanda

Amsterdam, Belanda

The Red Lights District adalah salah satu tempat terkemuka di Amsterdam. Terdapat kanal-kanal cantik, kedai kopi, bahkan tempat hiburan malam untuk orang dewasa.

Di sini, para warga atau pemilik toko lokalnya sangat tidak suka apabila ada turis yang mengambil sembarang foto. Terutama foto para perempuan pekerja seks komersial yang ada di sekitar.

Tapi, apabila ada orang yang tertangkap sedang mengambil foto, warga setempat akan langsung merampas kamera. Bahkan enggak segan-segan menghajar orang tersebut.

2Korea Selatan

(BRIGHTSIDE)

Di Negeri Ginseng ini, ternyata ilegal untuk mengambil foto perempuan tanpa sepengetahuan orang tersebut, bahkan di tempat publik sekali pun. Siapa pun yang melanggar peraturan ini akan dianggap melakukan tindakan pelecehan seksual. Dan dikenakan hukuman lima tahun penjara atau denda hingga mencapai 120 juta rupiah.

3Korea Utara

(BRIGHTSIDE)

Jika kamu tertarik mengunjungi negara yang satu ini, bersiaplah untuk segala aturan dan larangan untuk setiap gerakan dan perilakumu. Di Korea Utara, kamu dilarang meninggalkan hotel dan mengambil foto tanpa seizin pemandu perjalanan. Hukuman dan denda akan menantimu kalau sampai kamu melanggarnya.

4Amerika Serikat

(BRIGHTSIDE)

Peraturan mengambil foto di Amerika Serikat memang tidak seketat di Korea Selatan. Namun, tetap saja ada sejumlah aturan yang berlaku terkait mengambi foto rumah atau bangunan privasi seseorang.

Di sini kamu dilarang sembarangan mengambil foto rumah seseorang tanpa minta izin terlebih dulu. Selain itu, kamu juga harus jeli melihat tanda larangan mengambil foto di sekitar.

5Uni Emirat Arab

(BRIGHTSIDE)

Di Uni Emirat Arab, orang yang mengambil foto di tempat terlarang akan dikenakan hukuman 1-3 bulan penjara, dan denda sebesar 18 juta rupiah. Beberapa tempat yang melarang pengambilan foto adalah tempat yang dianggap sakral dan memiliki kisah takhayul oleh warga lokalnya.

Kamu juga dilarang mengambil foto bangunan pemerintahan, beberapa jembatan, dan istana para Sheikh. Larangan pengambilan foto di istana para Sheikh bahkan tercantum dalam undang-undang negara loh.

6Inggris

(BRIGHTSIDE)

Warga Inggris memang sudah terbiasa memberi toleransi terhadap para turis yang sering mengambil foto di setiap sudut kota mereka. Namun, untuk pengambilan gambar yang sifatnya komersil, ada sejumlah prosedur dan aturan yang harus diikuti.

Mengambil gambar komersil di Trafalgar Square dan Parliament Square misalnya. Kamu harus mengantongi izin dari Walikota London terlebih dahulu.

7Jepang

(BRIGHTSIDE)

Di Jepang, ilegal untuk mengambil foto beberapa patung dan candi tertentu. Hal itu dipercaya dapat mengganggu roh yang tinggal di dalam patung atau candi. Jadi waspada dan cari tahu terlebih dahulu apakah patung atau candi yang ada boleh difoto atau tidak.

 

 

 

BRIGHTSIDE| THE NATIONAL| KOTAKU

 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments