hero
(NET.CJ/Dekri Adriadi)

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

21 September 2018, 06:05 WIB

SULAWESI TENGGARA, INDONESIA

Sampah plastik sering jadi masalah lingkungan yang meresahkan. Hal ini juga dirasakan oleh Briptu Agus Sartono, Babinkamtibmas dari Polsek Wundulako, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara. Banyaknya warga yang mengeluh soal banyaknya sampah plastik membuat Briptu Agus memutar otak untuk mencari solusi penangannya.

“Dari situ, saya berpikir bagaimana untuk memanfaatkan limbah tersebut. Akhirnya mulai penelitian dari 2016 terus sekarang saya bisa mengubah limbah plastik ini jadi bahan bakar minyak,” kata Briptu Agus seperti dikutip dari NET.CJ pada Kamis, 20 September 2018.

(NET.CJ/Dekri Adriadi)

Agus melakukan inovasi ini di rumahnya sendiri di Desa 19 November 2017, Wundulako. Dari pengolahan yang dia kerjakan, sisa plastik dan biji plastik bisa diubah menjadi BBM berjenis solar dan bensin. Sampai sekarang, proses daur ulang ini masih dilakukan Agus dengan bantuan beberapa warga sekitar.

Sayangnya, BBM hasil daur ulang ini belum bisa diperjualbelikan karena keterbatasan bahan baku. Agus juga masih memakai alat sederhana sehingga perlu biaya lebih untuk proses yang lebih kompleks.

(NET.CJ/Dekri Adriadi)

Lewat inovasi ini, Agus diundang ke Jepang untuk mengikuti studi banding pengembangan polisi masyarakat. Masyarakat pun merasakan manfaat daur ulang, karena berkurangnya sampah plastic di lingkungan mereka.

NET.CJ DEKRI ADRIADI

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments