hero
Ginjal. (THE GUARDIAN)

EDITOR : FIRZA ARIFIEN

10 September 2018, 10:15 WIB

INDONESIA

Setiap organ tubuh yang dimiliki manusia, pastinya bekerja untuk saling melengkapi satu sama lain. Bisa dibilang, tak ada organ tubuh manusia yang tidak berguna. 

Namun, manusia bisa tetap bertahan hidup hanya dengan mengandalkan satu ginjal. Padahal, tubuh manusia diciptakan dengan dua ginjal agar keduanya dapat saling menopang sistem tubuh. 

Kira-kira baik atau tidak ya jika hal itu terjadi? Atau hal apa saja yang mungkin terjadi jika kita hidup hanya dengan satu ginjal?

Ginjal. (VERYWELL HEALTH)

Melansir dari SCIENCE ABC, ginjal merupakan salah satu organ yang bekerja paling keras di dalam tubuh. Ginjal bertanggung jawab untuk menyaring lebih dari 180 liter darah setiap hari. Sampah-sampah yang ada dalam tubuh diproses oleh ginjal dan dikeluarkan dalam bentuk urin. Sampah-sampah itu terdiri dari garam yang berlebih, lemak, racun dan cairan lainnya. 

Selain memastikan bahwa sampah-sampah tubuh dibuang dengan benar, ginjal juga penting untuk keseimbangan elektrolit dalam tubuh kita. Tanpa adanya ginjal yang berfungsi, tentu organ tubuh lain tidak akan bisa berfungsi juga. Komposisi darah kita harus tetap stabil, jika kita ingin tetap sehat dan ginjal lah yang menjamin hal itu terjadi.

Meski ginjal memiliki peran penting untuk kelangsungan hidup, tak salah juga jika seorang manusia hidup dengan satu ginjal. Beberapa orang ada yang terlahir hanya dengan satu ginjal, suatu kondisi yang disebut agenesis ginjal. 

Ginjal. (PIXABAY)

Beberapa orang lain dilahirkan dengan displasia ginjal, di mana memiliki dua ginjal, tetapi hanya satu yang berfungsi. Meski demikian, orang-orang yang hidup dengan kondisi tersebut dapat hidup normal karena tubuh mereka akan beradaptasi dengan situasi yang ada. 

Perlu dicatat, ginjal yang akhirnya perlu dilepas, harus melalui prosedur bedah yang dikenal sebagai nefrektomi. Pengangkatan ginjal juga hanya dilakukan jika memiliki alasan yang kuat. 

Contohnya jika ginjal telah berhenti bekerja secara benar, menderita kanker ginjal, atau ingin menyumbangkan ginjal dengan kondisi tubuh yang benar-benar sehat. Namun, penting untuk digarisbawahi bahwa ini adalah operasi besar dan komplikasi selalu bisa terjadi. 

Anatomi ginjal. (MEDICAL ART LIBRARY)

Seperti yang disebutkan sebelumnya, manusia masih mungkin hidup dengan satu ginjal. Tetapi, kehilangan kedua ginjal adalah situasi yang mengerikan. 

Ketika ginjal berhenti berfungsi, darah akan cepat terisi dengan racun, yang dapat mengakibatkan kerusakan pada banyak organ lain. Seseorang dengan gagal ginjal akan memerlukan dialisis untuk bertahan hidup. Dialisis adalah proses di mana fungsi ginjal diambil alih oleh alat buatan.

Nah, sekarang jadi tahu kan apa yang terjadi jika hidup hanya dengan satu ginjal atau tanpa keduanya. Meski ginjal hanya sebesar kepalan tangan, organ tersebut sangat penting untuk kehidupan manusia. 

SCIENCE ABC | SCIENCE DAILY

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments