hero
(ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

EDITOR : FEBRY ARIFMAWAN

24 Agustus 2018, 16:35 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menegaskan bahwa dirinya belum menerima surat pengunduran diri Gubernur Jambi Zumi Zola yang telah ditetapkan sebagai terdakwa. Hal ini disampaikan oleh Tjahjo di Jakarta, Jumat pagi.

"Sampai hari ini belum ada surat yang masuk ke saya tentang pengunduran diri Zumi Zola yang sudah diputuskan sebagai terdakwa," ujar Tjahjo. "Belum ada, seandainya ada ya nanti prosesnya diberhentikan sementara sampai incracht, apakah kasasi atau banding," lanjut politikus PDI Perjuangan ini.

Terdakwa Gubernur nonaktif Jambi Zumi Zola (tengah) bersiap menjalani sidang perdana dengan agenda pembacaan dakwaan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (23/8). Zumi Zola didakwa Jaksa Penuntut Umum (JPU) menerima gratifikasi senilai Rp40,44 miliar dan US$ 177.300 terkait proyek di pemerintahan Provinsi Jambi serta didakwa menyuap 52 anggota DPRD Jambi sebesar Rp16,4 miliar. (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

Guna mengisi kekosongan pemerintahan, Tjahjo telah menunjuk Wakil Gubernur Jambi Fachrori Umar sebagai Pelaksana Tugas Gubernur Jambi, sampai kasus Zumi Zola berkekuatan hukum tetap.

Sebelumnya Zumi Zola ditetapkan sebagai terdakwa untuk kasus suap dan gratifikasi. Zumi diduga menerima suap  sebesar 6 miliar terkait izin proyek di Provinsi Jambi. 

Mantan Bupati Tanjung Jabung Timur ini juga diduga meminta kepada PLT Kepala Dinas PUPR Jambi Arfan dan Asisten Daerah Saipudin untuk mencari uang yang akan diserahkan kepada anggota DPRD Jambi untuk pengesahan rancangan Perda APBD 2018. Zumi berhasil mengumpulkan uang sebesar Rp. 3,4 miliar yang nantinya akan dibagi-bagi ke anggota DPRD Jambi.

NUGRAHANTO MARGO

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments