hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

21 Agustus 2018, 08:45 WIB

KOREA SELATAN

Menjalankan diet sehat dan seimbang nutrisinya telah terbukti secara ilmiah dapat menimbulkan aura positif. Tapi kadang ketika hari kamu sedang buruk, kamu bisa melupakan diet sehat kamu dan malah makan berbagai cemilan yang enggak sehat. Padahal banyak banget loh makanan atau cemilan enak tapi tetap sehat yang bisa membantu meningkatkan mood kamu lagi. Dan dijamin makanan ini enggak bikin diet kamu gagal. Berikut ini adalah makanan dan minuman sehat yang bisa kamu konsumsi untuk meningkatkan mood.

 

1. Cokelat

Cokelat, pilih yang kadar kokoanya tinggi ya. (BRIGHTSIDE)

Siapa sih yang enggak suka cokelat? Kayanya hampir semua orang suka sama makanan yang satu ini. Buat yang sedang menurunkan berat badan mungkin akan menghindari cokelat. Tapi ternyata kamu tetap bisa menikmati cokelat sambil menurunkan berat badan dan jadi bahagia, loh! Alasannya adalah karena cokelat mengandung antioksidan, termasuk magnesium, yang menenagkan pembuluh darah, yang menurunkan tekanan darah dan meningkatkan sirkulasinya. Mengonsumsi beberapa potong cokelat dengan kandungan 70% kokoa tidak hanya akan menurunkan tingkat kecemasan, tapi juga akan meringankan PMS, depresi, dan kelelahan. Jadi, enggak ada salahnya untuk mengonsumsi dark chocolate 2-3 kali dalam seminggu.

2. Salmon

Salmon dengan omega 3-nya, bagus untuk meningkatkan mood kamu. (BRIGHTSIDE)

Hidangan yang identik dengan restoran mewah ini ternyata memiliki kandungan omega 3  yang sangat tinggi, yang diketahui dapat melawan perubahan mood dan depresi. Selain salmon, omega 3 juga dapat ditemukan di walnut. Omega 3 sendiri bermanfaat untuk meningkatkan memori otak dan meningkatkan konsentrasi sehari-hari. Gabungkan salmon dengan sayuran rebus, maka kamu siap untuk beraktivitas dengan positif!

3. Telur

Konsumsi telur untuk menangkal bad mood. (BRIGHTSIDE)

Telur bisa dimasak dengan acara apa saja, seperti orak-arik, rebus, atau dibuat omelet. Telur merupakan sumber protein yang hebat yang membantu pembentukan dan mempertahankan otot setelah berolahraga. Telur juga mengandung vitamin D, yang memiliki peran penting dalam mempertahankan sistem imun, mencegah batuk, flu, dan bersin. Mengonsumsi makanan yang kaya vitamin D dapat secara dramatis membantu dalam menangkal pikiran depresif sekaligus membantu penurunan berat badan.

4. Beri

Buah beri sangat baik dikonsumsi untuk menjaga mood dan melawan penuaan. (BRIGHTSIDE)

Dijadikan sebagai menu sarapan atau sebagai topping untuk yogurt, beri mengandung antosianidin yang mengurangi pembengkakan dalam tubuh dan mengurangi tingkat depresi. Berbagai jenis beri, termasuk strawberi, raspberi, blueberi, blackberri, buah yang menstabilkan mood ini juga mengandung banyak antioksidan yang tidak hanya baik untuk kulit tapi juga membantu melawan penuaan.

5. Kopi

Segelas kopi untuk menyemangati hari kamu. (BRIGHTSIDE)

Kandungan yang terdapat dalam segelas kopi dapat membuat kamu terus bersemangat dan bahagia sepanjang hari. Minuman yang digemari banyak orang ini dikatakan dapat meningkatkan dopamin dan serotonin, dua unsur kimia dalam tubuh yang bisa melepaskan emosi negatif dari dalam tubuh.

6. Walnut

Walnut. (BRIGHTSIDE)

Kacang dan biji-bijian, terutama walnut, kaya akan kalori dan padat lemak, tapi sangat penting untuk diet yang seimbang dan sehat. Camilan setelah sarapan ini mengandung melatonin, yang tidak hanya meningkatkan kualitas tidur tapi juga mnegurangi penyakit jantung, mencegah diabetes, dan melawan hormon stres. Jika kamu mengingkan kuliat dan rambut yang bersinar, walnut juga bisa membantu mewujudkannya. Hanya dengan konsumsi walnut dengan porsi secukupnya, kamu sudah bisa mendapatkan semua manfaatnya.

7. Alpukat

Alpukat, buah yang bermanfaat mengatur serotonin dalam tubuh. (BRIGHTSIDE)

Alpukat memang terkenal sebagai buah yang bagus dikonsumsi oleh orang yang sedang diet. Alpukat juga terkenal sebagai buah yang bisa mengatur salah satu hormon penting dalam pembentukan mood, yakni serotonin. Membantu otak untuk mengatur berbagai fungsi, alpukat juga melawan kelelahan dan peningkatan hormon secara dramatis. Tidak hanya punya manfaat kesehatan yang mengagumkan, alpukat juga mengandung lemak sehat yang dapat membuat kulit bersinar dan membantu pencernaan

8. Pisang

Konsumsi pisang sebagai makanan penjaga mood kamu. (BRIGHTSIDE)

Selain sebagai sumber energi dan sangat enak untuk dijadikan smoothies, pisang terkenal tinggi kandungan potasium. Pisang juga merupakan sumber vitamin B yang baik yang banyak dikaitkan dengan penurunan depresi. Konsumsi satu buah pisang untuk meningkatkan mood kamu.

9. Pasta

Pasta bisa menjadi penjaga mood kamu juga. (BRIGHTSIDE)

Karbohidrat dikenal dapat meningkatkan semangat dan juga tingkat energi kamu. Mengandung lemak yang sedikit, pasta menjadi sumber karbohidrat kompleks yang baik yang mengenyangkan dan juga melepaskan serotonin. Porsi kecil dari pasta gandum dengan lauk yang seimbang bisa meningkatkan hormon endorfin dan melepaskan vitamin B dalam tubuh.

BRIGHTSIDE | HEALTH

 

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments