hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

19 Agustus 2018, 15:00 WIB

KOREA SELATAN

Pecinta K-Pop tentu enggak asing lagi dengan istilah fandom. Fandom adalah singkatan dari Fans Kingdom, yaitu sebuah komunitas penggemar idol Korea. Setiap boyband atau girlband di Korea punya nama fandom-nya masing-masing. Nah, setiap nama fandom itu punya arti yang filosofis loh! Ini beberapa contohnya.

 

 

 

1. V.I.P (BIGBANG)

BIGBANG. (KOREA BOO)

Fandom BIGBANG diberi nama V.I.P karena mereka adalah "very important people" (orang-orang yang penting) bagi BIGBANG.

2. ARMY (BTS)

BTS. (BILLBOARD)

ARMY punya kepanjangan "Adorable Representative M.C for Youth". Arti dari nama tersebut ialah BTS dan penggemar mereka akan selalu bersama layaknya pelindung tubuh (bangtanbok) dan tentara yang tak terpisahkan. Tak hanya itu, penggemar BTS adalah tentara yang selalu setia berjuang untuk BTS.

3. EXO-L (EXO)

EXO. (KOREA BOO)

Fandom EXO dinamai EXO-L karena huruf "L" berada diantara huruf "K" dan "M", huruf-huruf itu merujuk pada nama subunit EXO-K dan EXO-M. Selain itu huruf "L" merupakan huruf ke-12 dalam alfabet yang sama seperti jumlah anggota EXO yaitu 12 orang. Huruf "L" juga berarti "love" yang berkaitan dengan nyanyian EXO "let's love".

4. Wannable (Wanna One)

Wanna One.

Wannable merupakan gabungan dari "Wanna One" dan kata "able". Nama fandom ini memiliki arti "bisa" alias able meraih apa saja bersama-sama. Yes, bersama kita bisa!

5. Reveluv (Red Velvet)

Red Velvet.

Istilah Reveluv berasal dari kata "level up" yang merupakan salah satu frase di dalam lagu Red Velvet berjudul "One of These Night". Kata Reveluv pun terdengar mirip seperti "level up", yang merupakan nama dari dua buah program reality show mereka. Sementara itu, Reveluv juga berarti "Revel" (singkatan dari Red Velvet) dan "love" (cinta). Fandom girlband ini pun sering disebut "Luvies".

6. ONCE (TWICE)

TWICE!

Fandom TWICE dinamai ONCE yang memiliki arti jika sekalinya (once) kamu mencintai grup idola, mereka akan menggandakan (twice) cinta itu. Sweet banget, ya!

7. SONE (Girls' Generation/SNSD)

SNSD.

SONE (diucapkan menjadi "So One" yang juga berarti "keinginan" dalam bahasa Korea) berarti Girls' Generation (huruf "S" untuk SNSD) dan penggemar mereka akan selamanya menjadi satu ("ONE").

8. SHINee World/Shawol (SHINee)

SHINee!

Shawol adalah gabungan dari kata "SHINee" dan "world" yang juga merupakan nama album dan konser pertama mereka.

9. ELF (Super Junior)

Super Junior. (KOREA BOO)

Nama fandom E.L.F memiliki kepanjangan "everlasting friends" (teman selamanya). Dan ini terbukti, karena setelah 13 tahun, fans mereka tetap setia.

KOREA BOO | SBS

 

28

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments