hero
(ANTARA FOTO/Ubaidillah)

EDITOR : FEBRY ARIFMAWAN

16 Agustus 2018, 21:00 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama meluncurkan buku pertamanya berjudul "Kebijakan Ahok", Rabu siang. Buku ini ditulisnya saat menjalani masa tahanan di rutan Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat. Buku setebal 331 halaman itu ditulis Ahok selama satu tahun di dalam rumah tahanan Mako Brimob, Depok, Jawa Barat. 

Isi buku sepenuhnya tentang kebijakan-kebijakan yang diterapkan Ahok saat menjadi Gubernur DKI Jakarta. Berbagai kebijakan yang dituangkan dalam buku tersebut, misalnya di balik keputusan Ahok untuk membangun simpang susun Semanggi.

Mantan Wakil Gubernur DKI Djarot Saiful Hidayat menghadiri peluncuran buku "Kebijakan Ahok". (NET/Ginanjar)

Dalam peluncuran buku, tampak hadir Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi, Mantan wakil gubernur DKI Jakarta Djarot syaiful Hidayat, Dosen FE UI Rhenald Kasali, dan putera Ahok Nicholas Sean Purnama.

Ditemui seusai acara, Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi mengakui dari buku ini dia bisa belajar bagaimana sebuah kebijakan itu diambil hingga kemudian di-implementasikan. “Saya apresiasi, saya sudah baca sebagian kecil bagaimana dia memimpin Jakarta, dia tuangkan dalam buku ini. Luar biasa sistem-sistem yang ada di Jakarta bisa dibuka untuk provinsi lain agar dicontoh,” kata Prasetyo. 

Suasana peluncuran buku "Kebijakan Ahok" di Jakarta. (NET/Ginanjar Hanggarawan)

Menurut Prasetyo, dari seluruh kebijakan yang diambil Ahok, masalah transparansi adalah yang paling dia kagumi. “Transparansi kebijakan, transparansi anggaran itu sangat terbuka, bisa dilihat. Saya sebagai ketua DPRD mengaresiasi pikiran Ahok,” papar Prasetyo. “Soal transparansi yang tadinya kompromi-kompromian, di era Ahok terbuka semua. SKPD tidak bisa neko-neko dengan keuangan negara,” lanjut politikus PDI Perjuangan ini

Buku "Kebijakan Ahok" dijual secara umum dengan harga satu juta rupiah. Buku ini bisa dibeli melalui pemesanan di akun instagram Basuki Tjahaya purnama. Seluruh hasil penjualan buku akan didonasikan.

GINANJAR HANGGARAWAN

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments