hero
(Dok. MUI Kota Serang)

EDITOR : FEBRY ARIFMAWAN

14 Agustus 2018, 16:25 WIB

BANTEN, INDONESIA

Kasus dugaan aliran sesat dan penistaan agama yang terjadi di Serang kini dalam penyelidikan Polres Serang. Polisi turun tangan setelah mendengar keresahan warga yang tinggal di sekitar rumah tempat kelompok yang menamakan diri Kerajaan Ubur-ubur berkegiatan.

Saat melakukan klarifikasi bersama MUI Kota Serang, polisi mengamankan sejumlah barang bukti berupa tafsir Al Quran, dokumen-dokumen, dan struktur organisasi kelompok Kerajaan Ubur-ubur yang dipimpin oleh seorang perempuan bernama Aisah Tusalamah Baiduri Intan.

“Ada beberapa fakta yang kita temukan, kami masih beranjak dari kenapa sampai ada resistensi dari masyarakat terkait dengan kegiatan yang dilakukan?” ujar Kapolres Serang AKBP Komarudin.

BACA JUGA:
Gempar Kerajaan Ubur-ubur di Serang, Ini Temuan MUI

Warga yang tinggal di sekitar tempat Kerajaan Ubur-ubur berkegiatan. (NET)

Polisi telah mengumpulkan kesaksian para pengikut aliran ini. Polisi mengaku tidak mau terburu-buru untuk menentukan tersangka dalam kasus tersebut. Mereka masih berkoordinasi dengan MUI Kota Serang untuk memastikan ada tidaknya penyimpangan atau penistaan agama.

“Kami masih berkoordinasi dengan MUI Kota Serang untuk menentukan apakah ritual di luar dari konteks keyakinan, ini membutuhkan waktu yang tidak sebentar dan kehati-hatian karena ini hal yang sensitif,” tukas Komarudin.

Polisi memeriksa para penggiat kelompok Kerajaan Ubur-ubur. (ISTIMEWA)

Oleh karena itu, polisi meminta masyarakat bersabar dan tidak gegabah. “Kami menghimbau ke masyarakat jangan ambil tindakan sendiri, percayakan ke kami dan MUI untuk menentukan kegiatan ini apakah ada penyimpangan,” ujar Komarudin. 

Dugaan adanya penyimpangan agama terungkap setelah MUI mendapat laporan warga terkait aktifitas kelompok Kerajaan Ubur-ubur. hingga kini Kerajaan Ubur-ubur dalam pengawasan MUI. MUI sendiri menyimpulkan beberapa temuan ajaran kelompok ini bersinggungan dengan Islam tapi dinilai menyesatkan dan menyimpang.
 
IMAN SANTOSA 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments