hero
(Korea Joongang Daily)

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

10 Agustus 2018, 06:05 WIB

KOREA SELATAN

Korea Selatan adalah negara yang berkembang dengan pesat dan menjadi salah satu negara sibuk di Asia. Sayangnya, perkembangan Negeri Gingseng itu tidak sejalan dengan gaya hidup warganya.

Dilansir dari laman Koreaboo pada 8 Agustus 2018, banyak anak muda Korea Selatan kini menjadi generasi yang antisosial. Mereka membentuk tren gaya hidup YOLO, yang berasal dari You Only Live Once.

(Zetizen)

Tren gaya hidup ini pun semakin meluas hingga membuat banyak bisnis yang melakukan promosi khusus untuk para pelanggan yang single. Contohnya seperti sejumlah restoran yang menciptakan tempat khusus untuk orang-orang yang ingin minum atau makan sendiri.

Uniknya, tren YOLO ini banyak merambah para wanita Korea. Alasannya karena banyak wanita yang belum menikah ingin fokus pada karier mereka. Bahkan saking berkembangnya tren ini, sejumah wedding organizer mulai menawarkan paket pemotretan pernikahan untuk para wanita single.

(Yonhap)

Meskipun gaya hidup ini bisa membuat para warganya mandiri, tapi tren ini juga menimbulkan kekhawatiran. Sebab, akibat adanya tren gaya hidup ini ada penurunan tingkat kelahiran dan meningkatkan rumah tangga wanita single. Bahkan Presiden Korea Selatan,  Moon Jae In, sampai mengeluarkan peringatan bagi mereka yang hidup dengan tren ini loh.

"Honbap (gaya hidup YOLO) tidak hanya hidup sendiri, tetapi juga mengarah ke diet yang tidak seimbang, yang merugikan kesehatan orang-orang muda," ujar Moon Jae In.

Pemerintah di Korea Selatan khawatir jika gaya hidup YOLO dapat mengubah kebiasaan serta gaya hidup masyarakat akan berubah secara drastis.

KOREABOO

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments