hero

EDITOR : ALFIAN SYAFRIL

6 Agustus 2018, 14:00 WIB

LOMBOK, INDONESIA

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto menegaskan para tamu undangan dari delegasi sejumlah negara selamat dari gempa bumi berkekuatan 7 skala richter yang menimpa Lombok, Nusa Tenggara Barat. Wiranto memutuskan untuk menunda pertemuan delegasi Sub Regional Meeting on Counter Terrorism itu.

“Semua tamu delegasi yang akan mengikuti pertemuan selamat. Dan karena adanya gempa bumi yang terjadi, kami putuskan untuk menunda pertemuan Sub Regional yang membahas mengenai masalah terorisme ini," kata Wiranto di Lombok, NTB, Minggu, 5 Agustus 2018.

Sejumlah warga berada di halaman rumahnya pascagempa di Desa Bentek, Kecamatan Pemenang, Tanjung, Lombok Utara, NTB, Senin (6/8). (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi)

BACA JUGA:
700 Turis Masih Dievakusi dari Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno
Gempa Lombok, 91 Orang Tewas dan 209 Orang Luka-luka

Menurut Wiranto, dari Senin pagi hingga siang ini, para delegasi yang berjumlah sekitar 100 orang sudah kembali ke negara masing-masing. Beberapa nama yang mengikuti pertemuan ini adalah Menteri Kehakiman Selandia Baru Andrew Little, Menteri Hukum dan Urusan Dalam Negeri Singapura K Shanmugam dan Menteri Dalam Negeri Australia Peter Dutton.

Seperti dikutip dari situs Kemenko Polhukam, saat gempa terjadi, Wiranto tengah menyambut delegasi dalam gala dinner.

Namun ketika acara sedang berlangsung, terjadi gempa. “Semua tamu delegasi selamat,” kata Wiranto.

Indonesia dan Australia melakukan pertemuan tingkat menteri ke-5 pada hari Sabtu (5/8/2018) di Lombok. (Twitter/@PolhukamRI)

BACA JUGA:
Tiga Perintah Presiden Jokowi Tangani Gempa Lombok
Yang Terjadi Saat Gempa Lombok Minggu Malam

Sebelum gala diner, Wiranto sudah bertemu dengan Menteri Dalam Negeri Australia Peter Dutton. “Pertemuan dengan Menteri Dutton sudah dibahas beberapa isu yang mendalam dan kami juga sudah menghasilkan joint communique yang menekankan pentingnya kerja sama kedua negara, ” kata Wiranto.

Selain itu juga ada pertemuan bilateral dengan NSA Myanmar, Menteri Dalam Negeri Singapura dan Menteri Hukum Selandia Baru.

TIM LIPUTAN

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments