hero
(NET/Noventri Ario Putra)

EDITOR : FEBRY ARIFMAWAN

30 Juli 2018, 14:00 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Jelang Asian Games 2018 segala upaya dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk membuat Kali Sentiong kembali normal. Mulai dari pemasangan waring, penaburan bubuk penghilang bau, hingga pemasangan alat gelembung aerator pemecah partikel, sudah dilakukan oleh Pemprov DKI.

Kini Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno menyoroti pembuangan limbah secara serampangan yang diduga dilakukan oleh pabrik-pabrik dan industri rumahan di sekitar Kali Item, sebutan lain Kali Sentiong. 

“Ada UMKM-UMKM yang menghasilkan limbah, baik itu perusahaan sablon, perusahaan printing, maupun perusahaan-perusahaan yang memproduksi tempe dan tahu,” ujar Sandi kepada awak media, termasuk Noventri Ario Putra dari NET, Minggu siang. 

Pekerja mengolah kedelai untuk dijadikan tempe di Pabrik Tempe Kawasan Kali Sentiong, Jakarta, Sabtu 28 Juli 2018. Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno meminta produsen tempe di sekitar Kali Item atau Kali Sentiong agar menghentikan produksinya karena mereka diduga membuang limbah  ke sungai sehingga mencemarinya. (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Sandi mengatakan telah mendengar keluhan mengenai limbah ini dari masyarakat sekitar, lurah, pamong, camat, dan walikota setempat. Oleh karena itu, menurut Sandi, Pemprov DKI akan merangkul semua elemen masyarakat untuk memecahkan masalah pencemaran Kali Sentiong. 

“Salah satu opsinya, kalau mereka tidak bisa mengelola limbahnya tentunya kita akan mendorong PD Pal Jaya, masyarakat, dan komunitas setempat untuk memastikan mereka berproduksi tapi tidak mengeluarkan limbah, limbahnya dikelola, limbahnya diolah,” ujar politikus Partai Gerindra ini.

Petugas membersihkan Kali Item di Kawasan Kemayoran, Jakarta, Sabtu 28 Juli 2018. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan akan menyemprotkan penghilang bau untuk menetralkan bau di Kali Item. (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Pemprov DKI akan mendorong PD Pal Jaya beserta masyarakat untuk mengelola limbah di sapanjang aliran Kali Item. PD PAL Jaya adalah perusahaan daerah milik Pemprov. DKI Jakarta yang bergerak di bidang jasa layanan pengelolaan air limbah.

“Kuncinya itu limbahnya, bukan produksinya, selama limbahnya bisa dikelola dengan baik, tidak masalah berproduksi,” lanjut Sandi.

Terkait kebersihan Kali Item menjelang perhelatan Asian Games 2018, Sandi mengklaim kondisi air sungai ini sudah lebih baik dan tak akan memalukan di mata para atlet mancanegara yang akan menginap di Wisma Atlet Kemayoran.

“Kalau dilihat sudah jauh lebih baik kondisinya,” pungkas Sandi. 

NOVENTRI ARIO PUTRA

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments