hero

EDITOR : ALFIAN SYAFRIL

25 Juli 2018, 15:20 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Kurang lebih sepekan, Kali Sentiong atau yang lebih dikenal dengan Kali Item ditutupi jaring hitam. Kini, jaring atau kain waring yang dipasang tampak bolong disejumlah titik.

Pemasangan waring itu atas inisiatif Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mengurangi pemandangan dan bau tak sedap dari kali. Musababnya, Kali Item berada di dekat Wisma Atlet Kemayoran yang akan dipergunakan atlet-atlet dari berbagai negara Asia.

Dari pantauan NET, Rabu, 25 Juli 2018, ukuran lubang bolongan pada kain waring bervariasi. Selain bolong, kain sepanjang 689 meter itu juga mulai kotor karena aneka sampah.

Salah satu bolong di waring yang dipasang di Kali Item, Jakarta Pusat. (NET/Ginanjar Hanggarawan)

Aneka jenis sampah terlihat di atas waring, di antaranya puntung rokok, botol bekas minuman dan sampah plastik lainnya.

Esti, salah seorang warga sekitar Kali Item menduga bolongnya waring karena banyak orang yang membuang puntung rokok. "Warga memang sering ngumpul disini, nongkrong-nongkrong," kata dia.

Menurut dia, warga membuang sampah sembarangan karena ketiadaan petugas. "Harusnya ada penjaganya, biar nggak ada yang buang puntung rokok," kata Esti.

Puntung rokok di samping lobang waring Kali Item. (NET/Ginanjar Hanggarawan)

BACA JUGA: Kali Item Disorot Media Asing, Ini Tanggapan Anies

Pemprov DKI Jakarta memasang kain waring untuk mengurangi bau yang bersumber dari Kali Item. Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno mengatakan, nilai anggaran untuk pemasangan kain waring di Kali Item lebih dari Rp500 juta. Anggaran dibagi menjadi tiga segmen pemasangan waring.

GINANJAR HANGGARAWAN

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments